Ada Kapur Barus hingga Belatung, 6 Barang Ini Ditemukan di Rumah Lokasi Tewasnya Satu Keluarga Kalideres

- Kamis, 17 November 2022 | 20:26 WIB
Satu keluarga tewas di Kalideres, sebelum meninggal dikenal sebagai keluarga yang tertutup kepada warga bahkan keluarga. (Istimewa)
Satu keluarga tewas di Kalideres, sebelum meninggal dikenal sebagai keluarga yang tertutup kepada warga bahkan keluarga. (Istimewa)
HARIANHALUAN.COM – Kematian 4 orang yang merupakan satu keluarga di sebuah perumahan Citra Garden Kawasan Kalideres, Jakarta Barat masih menjadi misteri besar. Pasalnya polisi belum menemukan titik terang terkait kasus ini.
 
Sebab minimnya keterangan dari saksi, akhirnya pihak kepolisian akan melakukan penyelidikan dan penyidikan dengan metode scientific crime investigation.

Diketahui pihak kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan berhasil mengumpulkan sejumlah barang bukti.
 
 
Mulai dari barang biasa hingga barang tak lazim yang dijadikan polisi sebagai petunjuk penyebab tewasnya satu keluarga Kalideres ini.

Berikut 6 daftar barang temuan di rumah lokasi tewasnya satu keluarga di Kalideres.

1. Kapur barus

Penemuan pertama adalah kapur barus yang ada di sekitar jasad. Tewasnya 4 orang dalam satu keluarga tersebut diketahui meninggal dunia secara tak bersamaan. Rudyanto Gunawan (71) diduga meninggal lebih dahulu.

Setelah itu disusul K. Margaretha Gunawan (58), kemudian Budyanto Gunawan (69) dan yang terakhir anak perempuannya, Dian (42).

Penemuan semangkuk kapur barus di atas meja diduga sengaja diletakkan sebagai penghilang bau busuk pada jasad.

"Kapur barus ada ditemukan di TKP, " ujar Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar.

2. Barang-barang pribadi yang telah dikemas

Berdasarkan hasil olah TKP, pihak kepolisian tidak menemukan adanya barang-barang yang hilang dari rumah tersebut. Namun, menurut Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Pasma Royce, keluarga ini akan segera pindah terlihat dari barang-barang milik keluarga tersebut sudah dikemas dengan rapi.

"Berdasarkan keterangan, sebelumnya keluarga ini sudah mengepak-ngepak barangnya untuk pindah. Dari perkiraan warga sekitar dan pak RT diduga keluarganya ini sudah pindah gitu. Ternyata kemaren pas dicium bau ternyata mereka sudah meninggal," terang Kombes Pol Pasma.

3. Tumpukan sampah dan kemasan obat

Proses olah TKP yang dilakukan oleh pihak Polda Metro Jaya juga menemukan adanya tumpukan sampah di dalam rumah, bagian belakang.
 
Di antara tumpukan sampah tersebut ditemukan pula kemasan obat yang diduga telah dikonsumsi oleh korban. Namun, polisi belum memberi keterangan obat apa yang dimaksudkan.

4. Bedak bayi

Tak hanya kapur barus, polisi juga menemukan adanya bedak bayi yang ada disekitar jasad. Diduga bedak tersebut juga digunakan untuk menghilangkan bau busuk pada tubuh jenazah.

5. Belatung di badan jasad

Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi mengungkap bahwa pihaknya menemukan banyak belatung di dalam rumah dan juga di tubuh para jasad.

Dengan temuan belatung ini, Hengki menyatakan bahwa pihaknya akan melibatkan tenaga ahli serangga atau entomologi untuk mendalami temuan belatung ini yang bisa menjadi petunjuk kapan para keluarga ini tewas.

6. Buku-buku kajian dari berbagai agama

Buku-buku tersebut dikumpulkan untuk sebagai tambahan bukti dalam mengungkap motif tewasnya satu keluarga Kalideres ini.

Ketua Harian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Benny Mamoto dalam program Sapa Indonesia Pagi, Selasa (15/11/2022) kemudian menyoroti penemuan buku berbagai agama tersebut yang dikutip Harianhaluan.com dari suara.com pada Kamis, 17 November 2022.

Menurut Benny sejumlah buku-buku dari berbagai agama tersebut penting untuk didalami.

Pihak penyidik perlu memeriksa setiap coretan yang mungkin sengaja dituliskan oleh anggota keluarga tersebut.
 
Setelah itu, penyidik dapat mencari dan memastikan apakah ada indikasi ajaran atau sekte tertentu terkait dengan penyebab kematian keempat orang itu.

Itulah 6 barang penemuan di lokasi kejadian kematian 4 orang yang ditemukan tewas dalam sebuah rumah kawasan Kalideres, Jakarta Barat.

Penyelidikan pihak kepolisian masih berlanjut untuk segera menemui titik terang terkait penyebab tewasnya satu keluarga Kalideres ini.(*)

Ikuti berita-berita hiburan terupdate dan menarik lainnya di Hops.ID
member of Haluan Media Group

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Suara.com

Tags

Terkini

MRT Jakarta Fase 3 Akan Segera Terwujud

Sabtu, 4 Februari 2023 | 15:31 WIB
X