Jadi Event Budaya Terbesar di Sumbar, Ribuan Wisatawan Terpukau Saksikan Festival Pesona Minangkabau

- Jumat, 18 November 2022 | 10:54 WIB
Festival Pesona Minangkabau di Tanah Datar.
Festival Pesona Minangkabau di Tanah Datar.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menggelar Festival Budaya Minangkabau V pada, Kamis, 17 November 2022 hingga Minggu, 20 November 2022 mendatang.

Tampak ribuan wisatawan memadati Istano Basa Pagaruyuang pada pembukaan Festival Budaya Minangkabau V tersebut.

Baca Juga: Program Satu Nagari Satu Event Pemkab Tanah Datar Dipuji Gubernur Sumbar

Festival ini menjadi bagian dari Kalender Event Nasional (KEN), kegiatan ini mendapat apresiasi dari Joshua Puji Mulia, Staf Ahli Kreatif dan Inovasi Kemenparekraf RI.

Ia mengatakan, Ranah Minangkabau memiliki potensi luar biasa yang sudah banyak dikenal. Melalui berbagai gelaran seperti Festival Pesona Minangkabau ini, Joshua mendorong media maupun influencer untuk turut serta memviralkan daya tarik kepariwisataan Sumbar ke seluruh dunia.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke-77, Ibu-ibu di Tanah Datar Antusias Ikuti Upacara Bendera

"Banyak potensi di Sumatera Barat ini, untuk itu dunia harus tahu. Salah satu caranya dengan membuat festival untuk menceritakan budaya Minangkabau ini," kata beliau.

Hal serupa juga disampaikan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. Khususnya di Tanah Datar, terdapat banyak sekali event mulai dari tingkat nagari yang membantu geliat perekonomian masyarakat.

Sebagai contoh kata Wagub, dengan adanya program unggulan Tanah Datar Satu Nagari Satu Event, nilai perputaran uang sepanjang tahun 2022 melalui 14 event yang dihelat diperkirakan mencapai lebih dari 11 Miliar rupiah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengurus IDI Sumbar Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Sabtu, 28 Januari 2023 | 21:02 WIB

Sumbar Masih Kekurangan Dokter, Ternyata Karena Ini

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:37 WIB
X