Daftar Wilayah Terdampak Gempa Cianjur Hari Ini, Senin 21 November 2022

- Senin, 21 November 2022 | 14:41 WIB
Kondisi kerusakan gempat 5,6 SR di Cianjur (Foto: Ist)
Kondisi kerusakan gempat 5,6 SR di Cianjur (Foto: Ist)

 

HARIANHALUAN.COM – Peristiwa gempa yang berpusat di Cianjur dengan titik koordinat 6,84 Lintang Selatan (LS) dan 107,05 Bujur Timur (BT) juga dirasakan sejumlah daerah hari ini, Senin 21 November 2022.

Tercatat, sedikitnya ada lima wilayah yang terdampak gempa Cianjur berkekuatan Magnitudo 5,6 tersebut. Di antaranya yaitu Bandung, Sukabumi, DKI Jakarta, Depok, hingga Tangerang Selatan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merinci, wilayah terdampak gempa tersebut adalah wilayah dirasakan skala MMI V Cianjur. Kemudian MMI level IV-V di Garut, Sukabumi.

Getaran MMI level III dirasakan di Cimahi, Lembang, Kota Bandung, Cikalong Wetan, Rangkasbitung, Bogor, Bayah. Selanjutnya MMI level II - III dirasakan di Rancaekek, Tangerang Selatan, DKI Jakarta dan Depok.

Baca Juga: Apakah Penyebab Gempa Cianjur 5,6 Kata Kepala BMKG Diduga Akibat Aktivitas Ini

Baca Juga: Rusak Gedung DPRD, Ini Kesaksian Mencekam Warga Cianjur Saat Digoyang Gempa

BMKG menyebut, gempa susulan mungkin akan terjadi. Untuk itu, BMKG mengimbau agar warga meningkatkan kewaspadaan terhadap terjadinya gempa susulan.

Seperti diketahui, BMKG menyatakan gempa yang terjadi pada pukul 13.21 WIB pada Senin 21 November 2022 dan berpusat di Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat tidak berpotensi tsunami.

Di pusat gempa, terpantau gentaran gempa sampai merusak rumah, bahkan Gedung DPRD Cianjud dikabarkan mengalami kerusakan berupa tembok yang retak dan kaca pecah.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Daftar Akun Whatsapp GB dengan Nomor Lama

Sabtu, 3 Desember 2022 | 22:01 WIB

Tak Hanya Garut, Gempa Juga Guncang Cilacap Malam Ini

Sabtu, 3 Desember 2022 | 21:33 WIB

Begini Kondisi Warga Garut Usai Diguncang Gempa

Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:40 WIB
X