Bawaslu Agam Komit Jadi Lembaga Pengawas Pemilu Terpercaya

- Senin, 21 November 2022 | 20:33 WIB
Pembekalan pengawasan kepemiluan bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Agam (AMC News)
Pembekalan pengawasan kepemiluan bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Agam (AMC News)

HARIANHALUAN.COM - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Agam berkomitmen menjadi lembaga pengawas kepemiluan yang terpercaya.

Komitmen itu salah satunya diwujudkan dengan memberikan pembekalan pengawasan kepemiluan bagi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Sabtu 19 November 2022 lalu.

Baca Juga: Bawaslu Agam Sosialisasikan Peraturan dan Produk Hukum ke Partai Politik

Ketua Bawaslu Agam, Elvys mengatakan menjadi lembaga pengawas pemilu yang terpercaya merupakan pengejawantahan visi Bawaslu RI. Sehingga menjadi penting bagi pihaknya untuk mewujudkan visi tersebut. 

Untuk mencapai visi tersebut katanya, peningkatan pemahaman Panwascam dalam tugas pengawasan kepemiluan menjadi fundamental.

Baca Juga: Menuju Pemilu 2024, Bawaslu Agam Hadirkan Pojok Pengawasan  di Perpustakaan Nagari

“Sehingga, rapat fasilitasi kali ini diharapkan menjadi wadah komunikasi antar sesama pengawas yang merupakan poin penting dalam memaksimalkan tugas pengawasan nantinya,” ujarnya.

Agar pemahaman Panwascam lebih maksimal, pihaknya mendatangkan dua narasumber expert di bidang kepemiluan. Pertama, Pemerhati Pemilu, Vifner, SH, MH dan Khairul Anwar, S.Ag, MH.

Dalam uraiannya, Vifner mengatakan kegiatan menegaskan bahwa kejahatan pelanggaran pemilu tidak bisa diberantas seluruhnya, tapi dengan kehadiran pengawas bisa mempersempit peluang pelanggaran tersebut. 

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menguak Siasat Ma'ruf Amin Gerilya Urai Konflik Papua

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:30 WIB
X