Sumbar Sering Dilanda Cuaca Ekstrem, Athari Minta Langkah Antisipasi Dilakukan 

- Selasa, 22 November 2022 | 10:59 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi.
Anggota Komisi V DPR RI Athari Gauthi Ardi.

HARIANHALUAN.COM - Komisi V DRI RI laksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Adapun pembahasan dalam rapat tersebut adalah evaluasi pelaksanaan APBN tahun 2022 dan antisipasi potensi terjadinya cuaca ekstrem.

Anggota DPR RI asal Sumatera Barat Athari Gauthi Ardi yang saat ini duduk di Komisi V menyampaikan Sumbar akhir-akhir ini dilanda hujan lebat yang berkepanjangan sehingga menyebabkan banjir dan tanah longsor sehingga penting untuk adanya antisipasi cuaca ekstrem.

" Tadi saya di komisi V rapat dengan BMKG, Sebelumnya saya dapat laporan bahwasanya Sumbar beberapa waktu ini dilanda hujan lebat sehingga mengakibatkan longsor dan banjir di berbagai daerah. Tentu hal ini mengancam keselamatan warga dan penting untuk bagaimana antisipasi cuaca ekstrem ini dilakukan," ujar Athari saat dihubungi Harianhaluan.com pasca RDP selesai.

Baca Juga: Fokus Kerja untuk Masyarakat Bawah dan Daerah Terisolir, Berikut Rencana Prioritas Athari

Athari menilai Sumbar salah satu daerah yang harus menjadi perhatian soal cuaca ekstrem. Maka perlu untuk adanya langkah-langkah antisipasi untuk dilakukan.

"Bagaimanpun tentu dengan kondisi Sumbar seperti ini dan kejadian terus berulang tentunya saya juga meminta bagaimana antisipasi-antisipai harus dilakukan," ujar Athari.

Disamping itu Athari juga meminta agar edukasi menghadapi bencana juga dilakukan kepada masyarakat secara masif.

"Edukasi bencana sangat perlu dilakukan sebagai pembelajaran dan perkenalan awal pada mitigasi bencana. Dengan begitu kita berharap masyarakat memiliki pengetahuan dibidang bencana dan selalu siap dalam menghadapi bencana dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat bencana terjadi." Pungkasnya. (*)

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Menguak Siasat Ma'ruf Amin Gerilya Urai Konflik Papua

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:30 WIB
X