Wako Padang Panjang Paparkan Inovasi IGA 2022 di Kemendagri

- Kamis, 24 November 2022 | 08:53 WIB
Wako Padang Panjang Paparkan Inovasi IGA 2022 di Kemendagri
Wako Padang Panjang Paparkan Inovasi IGA 2022 di Kemendagri


JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano paparkan inovasi dalam babak penilaian presentasi kepala daerah Innovative Government Award (IGA) Tahun 2022, Rabu (23/11) di Ruang Sidang Utama, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebanyak 40 Pemerintah Daerah (Pemda) masuk nominasi tahapan presentasi IGA 2022 ini yang terbagi dalam beberapa klaster. Yaitu nominator provinsi sebanyak tujuh pemprov, nominator kabupaten sebanyak 12 pemkab, nominator kota sebanyak 12 pemko, nominator daerah perbatasan sebanyak lima pemda, nominator daerah tertinggal sebanyak empat pemda.

Padang Panjang merupakan satu satunya kota di Provinsi Sumatera Barat yang sampai ke tahap penilaian presentasi ini.

Di hadapan tim penilai yang berasal dari kementerian, lembaga, universitas dan perwakilan media ini, Wako Fadly memaparkan dua inovasi pilihan yaitu Pena Kerja ASN di bidang kepegawaian untuk kategori digital dan Smart Surau/Masjid 5 Ramah Nurul Huda untuk nondigital.

Baca Juga: Pesan Habib Umar Al-Hamid: Bencana Jangan Jadikan Panggung Politik

Dijelaskannya, Pena Kerja ASN merupakan bentuk implementasi smart city untuk mendukung merit system mengunakan aplikasi yang terintegrasi, sehingga penilaian kinerja ASN lebih objektif.

Berkat Pena Kerja ASN ini, jelasnya, pembuatan SKP awal tahun oleh ASN telah mencapai 100 persen. Tindak lanjut terhadap pelanggaran disiplin yang tadinya lambat, dapat berjalan dan terukur. Pelaporan nilai kinerja tahunan, Padang Panjang selalu menjadi yang pertama se-Kanreg XII BKN Pekanbaru dalam dua tahun berturut-turut.

"Inovasi ini juga telah diadaptasi beberapa kabupaten/kota di Sumatera Barat untuk diimplementasikan di daerah masing-masing. Ada yang mempertahankan dan ada juga yang mengembangkannya sendiri," jelas Fadly.

Selain itu, tambahnya, inovasi ini telah mengantarkan Kota Padang Panjang memperoleh nilai tertinggi pada wilayah Kanreg XII BKN Pekanbaru dalam menyampaikan laporan kinerja (e-Lapkin).

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Kominfo Padang Panjang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Mitos Tentang Gunung Kerinci yang Wajib Kamu Tahu

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:57 WIB
X