Ratusan Penghafal Alquran Ikuti Musabaqah Hifdzil Quran ke-1 Tingkat Kabupaten Agam

- Kamis, 24 November 2022 | 13:02 WIB
Pembukaan Musabaqah Hifdzil Quran ke-1 tingkat Kabupaten Agam di Lapangan Sepak Bola Parik Putuih, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam  ((harianhakuan.com/Vesco))
Pembukaan Musabaqah Hifdzil Quran ke-1 tingkat Kabupaten Agam di Lapangan Sepak Bola Parik Putuih, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam ((harianhakuan.com/Vesco))

HARIANHALUAN.COM - Ratusan penghafal Al-quran di Kabupaten Agam ikuti Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) pertama tingkat Kabupaten Agam. Acara tersebut secara resmi dibuka oleh Bupati Agam, Andri Warman di Lapangan Sepak Bola Parik Putuih, Nagari Ampang Gadang, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Kamis 24 November 2022.

Ketua Panitia Musabaqah Hifdzil Quran, Ekko Espito menyebutkan, acara tersebut bertujuan untuk memotivasi keberadaan pondok tahfiz di Kabupaten Agam sehingga target pemerintah kabupaten untuk mewujudkan kehadiran 1.000 pondok tahfiz di Kabupaten Agam.

Baca Juga: Sedang Asyik Pesta Sabu, 3 Pria Dicuduk Polresta Bukittinggi

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan dan memacu semangat anak-anak untuk menghafal dan mempelajari Al-quran, serta untuk memberikan penghargaan yang tinggi kepada para penghafal Al-quran," ujarnya.

Ketua Pelaksana, Ekko Espito di Kecamatan Ampek Angkek saat pembukaan Musabaqah Hifdzil Quran Tingkat Kabupaten Agam

Dengan adanya kompetisi penghafal Al-quran ini, pihak penyelenggara berharap dapat menjaring potensi-potensi penghafal Al-quran dalam perlombaan di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

Ekko Espito mengatakan, perlombaan tersebut awalnya menarik minat 501 orang penghafal Al-quran yang telah melakukan pendaftaran baik secara online maupun secara offline yang telah ditutup pada 21 November 2022 lalu.

"Setelah dilakukan verifikasi dan yang menyerahkan berkas sebanyak 480 orang yang terdiri dari cabang lomba tiga juz sebanyak 324 orang, lima juz sebanyak 121 orang dan tujuh juz sebanyak 35 orang," kata Ekko Espito yang juga Camat Ampek Angkek itu.

Ratusan peserta yang mengikuti MHQ tersebut, akan dibagi dalam tiga bidang, diantaranya cabang tiga juz, cabang lima juz dan cabang tujuh juz.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Advertorial

Tags

Terkini

X