Pusat Gempa Cianjur, Presiden Jokowi: Ini adalah Episentrumnya dan yang Paling Parah

- Kamis, 24 November 2022 | 16:31 WIB
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis pagi, 24 November 2022. (BPMI Setpres/CoverBothSide.com)
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, Kamis pagi, 24 November 2022. (BPMI Setpres/CoverBothSide.com)

HARIANHALUAN.COM – Gempa Cianjur yang terjadi pada Senin, 21 November 2022 terus menyita perhatian seluruh warga Indonesia, bahkan warga luar negeri pun berbondong-bondong mengirimkan hastag pray for Cianjur ramai-ramai di media sosial pribadinya. 

Berita terbaru, Presiden Joko Widodo melanjutkan peninjauan langsung korban terdampak hingga ke pusat gempa Cianjur yang berlokasi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur pada Kamis, 24 November 2022.

Pada kesempatan kali ini, Presiden memberikan keterangan kepada awak media mengenai kondisi yang terjadi di titik pusat gempa Cianjur.

Baca Juga: Keren Penjelasannya, Kenapa Gempa Cianjur Dampaknya Mengerikan Banget Padahal Gempa Sedang, Ternyata Begini

"Ini adalah episentrumnya dan yang paling parah, terutama untuk rumah-rumah yang roboh yang paling banyak adalah di sini. Yang meninggal pun, yang banyak juga di sini," ujar Presiden dalam keterangannya di Kampung Munjul, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang.

Menurut KBBI, episentrum adalah titik pada permukaan bumi yang terletak tegak lurus di atas pusat gempa yang ada di dalam bumi.

Pada gempa Cianjur, episentrumnya terletak di Kecamatan Cugenang, tak heran jika di daerah ini yang mengalami kerusakan paling parah dan ditemukan banyak korban meninggal.

Presiden menegaskan bahwa rehabilitasi bagi rumah-rumah yang mengalami kerusakan akan segera dilakukan pemerintah setelah proses evakuasi dan distribusi bantuan selesai dengan baik.

Terkait skema bantuan yang diberikan pemerintah, Presiden mengatakan bahwa pemerintah tidak akan terpaku pada satu skema.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: BNPB

Tags

Terkini

X