Lepas Ratusan Mahasiswa, Wisuda UIN Imam Bonjol Diwarnai Demo Dugaan Pelecehan Seksual Oknum Dosen

- Kamis, 24 November 2022 | 17:07 WIB
Kampus UIN Imam Bonjol Padang salah satu spot lari pagi di Padang.
Kampus UIN Imam Bonjol Padang salah satu spot lari pagi di Padang.
 
HARIANHALUAN.COM - Demonstrasi mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) menyampaikan beberapa tuntutan di depan Rektorat UIN Imam Bonjol Padang
 
Aksi yang dilakukan kemarin, Rabu 23 November 2022 diikuti ratusan mahasiswa UIN Imam Bonjol. 
 
Orasi yang juga diwarnai dengan pembakaran ban oleh mahasiswa UIN Imam Bonjol menyebutkan beberapa poin dan diorasikan secara bergantian. 
 
 
Mahasiswa menuntut transparansi laporan keuangan kampus tahun 2020 dan 2021 serta meminta penghentian komersialisasi pendidikan di UIN Imam Bonjol Padang.
 
Menurut keterangan salah satu peserta aksi, pihak Rektorat sering menyewakan gedung-gedung kampus untuk urusan di luar perkuliahan. 
 
“Perjelas mekanisme penetapan Uang Kuliah Tunggal agar tepat karena sering terjadi banyak mahasiswa mampu yang mendapatkan UKT yang murah,” ujar salah satu mahasiswa. 
 
Tuntutan lain yang juga disebutkan adalah adanya dugaan pelecehan yang dilakukan oleh oknum dosen kepada sejumlah mahasiswi. 
 
Isu ini disampaikan oleh Menteri Advokasi Hukum dan HAM Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) UIN Imam Bonjol Padang Ulva Salsabillah saat berorasi. 
 
Ulva menyebutkan, DEMA UIN banyak mendapat laporan banyak mahasiswi yang menjadi korban pelecehan. Namun, mereka sebagai korban merasa tidak berani untuk bersaksi atas kejadian itu. 
 
Berdasarkan hasil temuan DEMA UIN, pelecehan yang diterima para mahasiswi berupa bagian tubuh dipegang. Ada juga yang diajak karaoke dan berenang. 
 
Demonstrasi dari ratusan mahasiswa terjadi selang beberapa hari setelah UIN Imam Bonjol Padang melepas ratusan wisudawan dan wisudawati mereka. 
 
Dilansir harianhaluan.com dari berita acara yang diunggah di uinib.ac.id,
 
Sebanyak 1.524 wisudawan UIN Imam Bonjol Padang mengikuti prosesi wisuda angkatan ke-88. 
 
Acara digelar di auditorium Prof. Mahmud Yunus, pada Sabtu-Senin, 19-21 November 2022.
 
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Prof. Dr. Hj. Martin Kustati, M.Pd menyampaikan ucapan selamat dan harapannya kepada para wisudawan. 
 
“Saya mengapresiasi atas pilihan saudara memilih UIN Imam Bonjol Padang sebagai sarana menimba ilmu pengetahuan,” ujarnya.
 
Ia pun menyampaikan harapannya agar lulusan UIN Imam Bonjol mampu bersaing dan menjadi pionir untuk menjawab berbagai persoalan di Indonesia.
 
Ucapan senada juga terdengar di hari kedua wisuda. Pada momen itu, pihak kampus juga menganugerahkan penghargaan kepada sejumlah wisudawan. 
 
Salah satu anugerah yang diberikan adalah bintang aktivis kampus. Penerima penghargaan tersebut berkesempatan untuk menyampaikan pidato singkat. 
 
"Tanpa organisasi kita tidak tahu tentang bagaimana tantangan ke depan, karena di dalam organisasi kita bisa bertukar pikiran dengan orang-orang hebat,” katanya.***

Editor: Mufrod

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Sumbar, Jakarta dan Jabar Hari Ini

Kamis, 8 Desember 2022 | 07:00 WIB
X