Bukan Indonesia! 4 Negara ini Bakal Daftarkan Kebaya di UNESCO

- Jumat, 25 November 2022 | 06:56 WIB
Ilustrasi wanita mengenakan kebaya yang bakal jadi warisan budaya  (canva.com/Odua Images)
Ilustrasi wanita mengenakan kebaya yang bakal jadi warisan budaya (canva.com/Odua Images)

HARIANHALUAN.COM - Singapura, Brunei Darussalam, Malaysia dan Thailand berencana mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO pada Maret, 2023 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Dewan Warisan Nasional (NHB) pada Rabu, 23 November 2022 dan akan menjadi nominasi multinasional pertama Singapura sebagai daftar perwakilan warisan budaya tak benda kemanusiaan UNESCO.

“Kebaya telah, dan terus menjadi, aspek sentral dalam representasi dan tampilan warisan budaya dan identitas Melayu, peranakan dan komunitas lainnya di Singapura, dan merupakan bagian integral dari warisan kami. Sebagai kota pelabuhan multikultural, dengan hubungan lintas Asia Tenggara dan dunia,” kata Chang Hwee Nee selaku CEO NHB, dikutip dari laman The Straits Times pada Kamis, 24 November 2022.

Baca Juga: Peringatan Dini Cuaca Sumbar, Jakarta Hingga Cianjur Hari Ini, Jumat 25 November 2022

Ia juga menambahkan bahwasannya mendaftarkan kebaya sebagai warisan budaya UNESCO secara bersamaan ini sebagai bentuk multikulturalisme.

Apa itu multikulturalisme?

Menurut KBBI, multikulturalisme merupakan gejala pada seseorang atau suatu masyarakat yang ditandai oleh kebiasaan menggunakan lebih dari satu kebudayaan.

Pengertian tersebut sejalan dengan penuturan CEO NHB bahwa kebaya merupakan representasi dan identitas dari suku Melayu.

Pada dasarnya, Indonesia bukanlah satu-satunya suku Melayu. Melainkan meliputi Malaysia, Singapura, Brunei, Burma, Thailand, dan Filipina.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Sumbar, Jakarta dan Jabar Hari Ini

Kamis, 8 Desember 2022 | 07:00 WIB
X