Resmi Dilantik jadi PM Malaysia, Anwar Ibrahim: Saya Tidak Akan Ambil Gaji!

- Jumat, 25 November 2022 | 07:28 WIB
Anwar Ibrahim resmi menjadi PM Malaysia ke-10 (Instagram @anwaribrahim_my)
Anwar Ibrahim resmi menjadi PM Malaysia ke-10 (Instagram @anwaribrahim_my)

HARIANHALUAN.COM - Datuk Seri Anwar Ibrahim resmi dilantik sebagai Perdana Menteri Malaysia setelah mengucapkan sumpah di Istana Negara, Kamis, 24 November 2022.

Dilansir The Star, Anwar Ibrahim mengucapkan sumpah di depan Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al- Mustafa Billah Shah.

"Saya, Anwar Ibrahim, setelah ditunjuk untuk menjabat sebagai Perdana Menteri, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan jujur memenuhi tugas itu dengan segala upaya saya dan bahwa saya akan mengabdikan kesetiaan saya yang sebenarnya kepada Malaysia," kata pria berusia 75 tahun itu.

Baca Juga: Megawati Soekarnoputri Ucapkan Selamat ke Anwar Ibrahim jadi Perdana Menteri Malaysia, Begini Kata-katanya

Usai dilantik, Anwar Ibrahim melakoni konferensi pers perdananya. Ia pun mengunggah poin-poin dalam pernyataan konferensi pers tersebut di akun Instagramnya @anwaribrahim_my.

Dalam keterangan postingan itu, Anwar menuliskan 8 poin pernyataan. Di poin pertama, Anwar menyatakan berkomitmen untuk mempertahankan Perlembagaan - Bahasa Melayu.

Selain itu, ia juga menyebut negara berkomitmen memberikan hak-hak bangsa Melayu tanpa mengesampingkan hak bangsa dan etnis lain.

Dalam kampanyenya, Anwar Ibrahim sempat menyebut tidak akan mengambil gaji sebagai imbalan menjabat Perdana Menteri. Anwar Ibrahim pun menegaskan kembali komitmen tersebut dalam keterangan poin 7 di postingan yang diunggahnya.

Berikut poin lengkap pernyataan Anwar Ibrahim dalam konferensi pers perdana yang diunggah di akun instagramnya.

1. Berkomitmen mempertahankan Perlembagaan - Bahasa Melayu, agama Islam sebagai agama resmi negara dan Raja-Raja Melayu, melindungi hak keistimewaan kaum Melayu tanpa meminggirkan hak golongan etnis Cina, India, serta suku Sabah, Sarawak dan Orang Asli

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Instagram

Tags

Terkini

X