Dinas Pariwisata Sumbar Gelar Sekolah Taman Bumi di Tarusan Kamang Agam

- Jumat, 25 November 2022 | 08:39 WIB
Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menggelar edukasi Sekolah Taman Bumi (School to Geopark) di Tarusan Kamang, Kabupaten Agam, Kamis (24/11/2022).  (IST)
Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menggelar edukasi Sekolah Taman Bumi (School to Geopark) di Tarusan Kamang, Kabupaten Agam, Kamis (24/11/2022). (IST)

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat menggelar edukasi Sekolah Taman Bumi (School to Geopark) di Tarusan Kamang, Kabupaten Agam, Kamis (24/11/2022).

Kegiatan edukasi tersebut diikuti ratusan pelajar dari belasan perwakilan SMA sederajat di Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam.

"Kami berikan pendidikan ilmu Geologi dan Geopark dengan update informasi terbaru kepada pelajar sebagai generasi muda intelektual, nantinya Geopark dapat menjadi kegiatan ekstrakulikuler yang pastinya diminati," kata Kabid Destinasi dan Industri Pariwisata pada Dispar Propinsi Sumbar Doni Hendra.

Ia menyebut kegiatan yang sama juga diberikan di wilayah Geopark Nasional yang ada di Sumatera Barat untuk memaksimalkan potensi lingkungan sebagai destinasi wisata.

"Kawasan Geopark Nasional yang ada di Sumbar berada di Silokek, Sawahlunto, Ngarai Sianok, Maninjau dan Tarusan sebagai salah satu di dalamnya. Tujuan sekolah taman bumi salah satunya agar tahu apa itu Geopark, dan mencintainya untuk menjaga lingkungan," katanya.

Baca Juga: Ratusan Penghafal Alquran Ikuti Musabaqah Hifdzil Quran ke-1 Tingkat Kabupaten Agam

Sementara itu, Pengurus Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Dwandari Ralanarko mengatakan masyarakat Sumbar harus berbangga dengan potensi geologi yang sangat baik di daerahnya karena memiliki keunikan dan keindahan geologi yang sangat kental.

"Wisatawan bahkan sudah bisa memastikan keragaman Geologi, Biologi dan Budaya Sumbar saat mereka berada di atas pesawat ketika berada di ketinggian, Sumbar harus bangga," katanya.

Ia mengatakan Geopark harus dikembangkan dengan kerjasama seluruh pihak untuk mempercepat pengemasan kawasan wisata yang terintegrasi.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Yursil

Tags

Terkini

6 Mitos Tentang Gunung Kerinci yang Wajib Kamu Tahu

Selasa, 6 Desember 2022 | 21:57 WIB
X