Lagi, Cianjur Diguncang Gempa Magnitudo 4,1

- Jumat, 25 November 2022 | 09:50 WIB
Ilustrasi gempa (pixabay) (-)
Ilustrasi gempa (pixabay) (-)

HARIANHALUAN.COM - Warga Cianjur kembali dibuat panik dengan adanya gempa susulan yang terjadi pada Jumat 25 November 2022.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melalui akun twitternya menyebutkan, gempa berkekuatan magnitudo 4,1 ini terjadi pukul 01.44 WIB. Pusat gempa terletak di 12 kilometer arah Barat Daya Cianjur.

Dalam unggahan tersebut, BMKG juga menyebutkan bahwa pusat gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur: 272 Orang Meninggal Dunia, Baru 165 Jasad Terdentifikasi

Gempa susulan ini cukup membuat warga panik. Hal ini dikarenakan, gempa terjadi pada malam hari saat warga sedang tertidur.

Hingga saat ini, BMKG belum memberikan info lebih lanjut apakah gempa tersebut berpotensi tsunami.

Dilansir dari laman resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, hingga saat ini pencarian korban masih terus dilakukan.

“Pencarian dan evakuasi gabungan dari Tim SAR, BNPB, BPBD, TNI/POLRI, dan relawan lebih dari 1.000 personil. Hasilnya menemukan empat orang, tiga meninggal dunia di Cugenang Dan satu selamat. Masih ada korban hilang sebanyak empat puluh orang,” ujar Suharyanto, Kepala BNPB saat memberikan keterangannya di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat.

Dilansir dari akun instagram resmi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Cianjur, tercatat sebanyak 2.046 orang mengalami luka-luka dan 62.545 orang mengungsi. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 39 orang masih dalam pencarian.

Data terakhir pada Kamis 24 November 2022 menyebutkan, lokasi terdampak gempa Cianjur ini sebanyak 16 kecamatan dan 130 desa.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

X