Nestapa Guru Indonesia, Banyak yang Makin Susah Terjebak Pinjol

- Jumat, 25 November 2022 | 10:43 WIB
Ilustrasi guru (Istimewa )
Ilustrasi guru (Istimewa )

HARIANHALUAN.COM – Momen Hari Guru yang diperingati pada 25 November masih menyisakan banyak kepedihan bagi sejumlah pahlawan tanpa tanda jasa tersebut. Salah satunya yang cukup memprihatinkan adalah banyak guru yang terjebak pinjaman online alias pinjol.

Hal itu disampaikan oleh Federica Widya Sari selaku anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Perlindungan Konsumen.

Dari survei independen Riset No Limit Indonesia yang dilakukan pada tahun 2021 menunjukan hasil bahwa guru paling banyak terjerat pinjol Ilegal.

Baca Juga: Sosok Abah Landoeng Dalam Lagu Oemar Bakri, Ternyata Orang Paling Berjasa Bagi Iwan Fals

Dalam konferensi pers yang dilakukan pada tanggal 22 November 2022 ia mengatakan, banyak faktor yang menyebabkan masyarakat memakai aplikasi pinjol ilegal.

Hal tersebut dikarenakan pinjaman online ilegal mencairkan dana lebih cepat dibandingkan yang lain, juga untuk membayar utang menjadikan alasan masyarakat menggunakan pinjol ilegal.

Berdasarkan survey yang dilakukan sebanyak 1.433 responden. Sebanyak 549 jawaban berasal dari kalangan menengah kebawah yang membutuhkan uang dengan cepat.

Lalu, sebanyak 499 beralasan pinjol ilegal lebih cepat mencairkan dananya. Sisanya menjawab bahwa penggunaan pinjol ilegal

Federica juga mengatakan bahwa pemerintah harus melakukan kerjasama dengan jasa keuangan yang memfasilitasi nasabah dengan mudah dan cepat.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X