Probolinggo Diguncang Gempa Magnitudo 4.1, Sejumlah Rumah Alami Retak-Retak

- Jumat, 25 November 2022 | 10:54 WIB
BMKG
BMKG

Jakarta, HarianHaluan.com - Gempa tektonik berkekuatan 4,1 SR menguncang Kabupaten Probolinggo pada Rabu (23/11/2022) petang.

Berdasarkan data dari BMKG Juanda Surabaya titik gempa berada di 14 KM timur laut Kabupaten Probolinggo dengan kedalaman 6 KM. Gempa terjadi pukul 17.45 Wib.

Lokasi gempa ada di 7.81 LS, 113.59 BT atau 14 Kilometer timur laut Kabupaten Probolinggo. Getaran gempa yang berpusat di darat itu dirasakan warga di empat kecamatan.

Baca Juga: Airlangga Kunjungi dua Pondok Pesantren di Probolinggo, Pengamat: Untuk Menjaga Pemilih Loyal Golkar di Jatim

"Beberapa warga di wilayah Kecamatan Kraksaan, Kecamatan Pakuniran, Kecamatan Besuk, Kecamatan Kotaanyar dan Kecamatan Paiton, merasakan guncangan gempa tersebut," kata Kepala Pelaksana BPBD Probolinggo Rachmad Waluyo saat dikonfirmasi.

Dikutip dari pemberitaan Detik Jatim, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Situbondo, Gatot Trikorawan mengaku pihaknya baru menerima informasi 3 rumah rusak terdampak gempa di Desa Tambak Ukir, Kecamatan Kotaanyar. Tim masih melakukan pendataan di lapangan.

"Tim dari BPBD saat ini masih terus melakukan pendataan dan asesmen," tandas Gatot Trikorawan, kepada wartawan, Kamis (24/11/2022).

Terbaru, Kepala Kepolisian Resor (Polres) Probolinggo, Ajun Komisaris Besar Polisi Teuku Arsya Khadafi mengatakan, lima rumah retak akibat gempa bermagnitudo 4,1 yang terjadi pada Rabu (23/11/2022) sekitar pukul 17.45 WIB. Rumah itu berada di Kecamatan Kotaanyar, Kabupaten Probolinggo.

Baca Juga: Begini Kondisi Terkini Personel Grup Musik Debu Usai Kecelakaan Maut di Tol Probolinggo

Kecamatan Kotaanyar bersebelahan dengan Kecamatan Paiton yang menjadi pusat gempa dengan kedalaman 6 kilometer.

Halaman:

Editor: Alfitra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X