Pengadang Bantuan Korban Gempa Cianjur Ditangkap, Ridwan Kamil Tegas Bilang Begini

- Jumat, 25 November 2022 | 15:03 WIB
Pengadang Bantuan Korban Gempa Cianjur Ditangkap, Ridwan Kamil Tegas Bilang Begini
Pengadang Bantuan Korban Gempa Cianjur Ditangkap, Ridwan Kamil Tegas Bilang Begini
 
HARIANHALUAN.COM - Beberapa hari yang lalu, viral video relawan pengantar bantuan korban Gempa Cianjur diadang sekumpulan warga. Oleh karena itu, bantuan pun tidak masuk ke pusat posko bantuan
 
Para oknum cegat bantuan korban Gempa Cianjur itu berhasil diamankan dan berakhir dengan memohon maaf lewat rekaman video. 
 
Kemudian, dengan adanya kejadian seperti itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamilpun langsung menanggapinnya dengan memberikan cara-cara agar bantuan bisa aman. 
 
 
Ia mengatakan pengadang bantuan sudah ditangkap oleh Polres Cianjur. Para oknum itu, sebagian ada yang memalak uang dan ia pun berharap, semoga tak terulang lagi. 
 
Tak hanya itu saja lho pria yang akrab disapa Kang Emil meminta agar warga melaporkan kalau hal semacam itu masih terjadi lagi. 
 
"Penghadang bantuan sudah ditangkap oleh Polres Cianjur. Karena sebagian memalak uang. Semoga tidak banyak terulang, karena kepolisian pasti akan bertindak tegas. Mohon dilaporkan jika masih terjadi," tulis Ridwan Kamil dikutip Harianhaluan.com dari akun Twitter @ridwankamil, Jumat (25/11/2022).
 
 
Ia pun menegaskan kepada pemberi bantuan agar bisa melapor dulu ke Pusat Komando di Pendopo Bupati agar bisa mendapatkan pegawalan polisi ataupun TNI. 
 
"Kepada pemberi bantuan harap lapor dulu di Pusat Komando di Pendopo Bupati, untuk difasilitasi pengawalan polisi/TNI menuju lokasi bantuan kepada warga pengungsi di tenda mandiri," tulisnya lagi seperti yang dilansir dari akun Twitter pribadinya. 
 
Kang Emil menekankan kembali, ada dua cara untuk meminta bantuan dan hal semacam itu pun silakan kordinator tenda mandiri untuk mendatangani posko-posko yang sudah ditetapkan.
 
 
"Ada 2 cara meminta bantuan. Silakan koordinator tenda mandiri untuk:
1. Datangi Posko Pengungsian terpusat di desa masing-masing untuk meminta bantuan kebutuhan. 2. Datangi atau kontak pendopo Bupati untuk mengambil bantuan karena gudang utama untuk logistik ada di sana," tulis keterangan Kang Emil dari akun Twitternya.
 
Ia pun memberikan keterangan setiap desa pun memiliki 1 TNI Babinsa dan 1 Polisi Babinkamtibmas yang selalu standby, maka semua itu silakan harus bisa dimanfaatkan. 
 
"Setiap desa selalu ada 1 TNI Babinsa dan 1 Polisi Babinkamtibmas yang standby di desa masing-masing. Silakan manfaatkan koordinasi pertama kepada aparat negara tersebut," tulis Kang Emil. (*)

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Instagram @ridwankamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X