Simak! Ini 4 Penyebab Terjadinya Banjir Bandang

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:30 WIB
Ilustrasi banjir.  ((Pixabay.com))
Ilustrasi banjir. ((Pixabay.com))

 

HARIANHALUAN.COM - Banjir adalah salah satu bencana alam yang kerap kali melanda daerah-daerah di Indonesia. Penyebab terjadinya banjir pada umumnya berasal dari curah hujan yang sangat tinggi dan dalam waktu yang panjang.

Banjir dapat menyebabkan berbagai kerusakan di daratan seperti sumber air menjadi tercemar, tanaman menjadi rusak, stuktur tanah rusak bahkan pada beberapa kondisi dapat membuat rumah warga tergenang hingga rusak. Selain itu, bahaya paling besar dari banjir adalah menela korban jiwa.

Banjir pada umumnya sama dengan banjir bandang yang merupakan kondisi ketika curah hujan sangat tinggi menyebabkan meluapnya air sungai atau di selokan dan kondisi tanah yang tidak dapat menyerap air dengan baik kedalam tanah akibat penebangan liar atau adanya hambatan berupa sampah pada aliran sungai dan selokan.

Terjadinya banjir bandang memang disebabkan oleh beberapa faktor seperti disebutkan di atas. Untuk lebih jelasnya berikut 4 rincian penyebab terjadinya banjir bandang yang dihimpun Harianhaluan.com dari laman Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor pada Sabtu 26 November 2022.

Baca Juga: KONI Pesisir Selatan Salurkan Bantuan untuk Masyarakat Terkena Banjir

1. Hujan lebat

Hujan dengan intensitas tinggi dapat membuat volume air lebih banyak tertampung di sungai bahkan di selokan. Ketika air tersebut tak bisa lagi tertampung, maka akan meluap ke permukaan menjadi banjir bandang.

2. Membuang sampah sembarangan

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: BPBD Kabupaten Bogor

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Yuk Intip Makna Dibalik Logo ASEAN Indonesia 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 08:52 WIB
X