Laksamana Yudo Margono jadi Panglima TNI, Ini Kata Menhan Prabowo

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:55 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (IST)
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (IST)


HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengungkapkan, siapa pun yang bakal dipilih Presiden Jokowi untuk melanjutkan tongkat komando panglima TNI, adalah yang paling layak.

Tak terkecuali jika nantinya Presiden Jokowi menunjuk KSAL Laksamana Yudo Margono. Sebab, santer dikabarkan Laksamana Yudo Margono menjadi kandidat yang paling kuat pengganti Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa.

Menanggapi soal kabar itu di Jakarta Convention Center, Jumat, 25 November 2022, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan yang bersangkutan (Laksamana Yudo Margono, red) pasti siap dan mampu menjalankan tugas sebagai Panglima TNI.

”Saya kira jelas beliau mampu, kalau dipilih (oleh presiden) ya saya kira mampu,” pernyataan Prabowo Subianto seperti dikutip Harianhaluan.com, Sabtu, 26 November 2022.

Baca Juga: Update Korban Gempa Cianjur: 310 Meninggal, 4.630 Luka-luka dan 73.525 Mengungsi

Sementara itu merujuk UU TNI pasal 13 ayat 4, Panglima TNI dapat dijabat secara bergantian oleh Perwira Tinggi aktif dari tiap angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.

Selain Laksamana Yudo yang mewakili matra laut, dua kandidat lainnya adalah KSAD, Jenderal Dudung Abdurachman, dan KSAU, Marsekal Fadjar Prasetyo.

Ketiga nama yang menjadi kandidat pengganti Jenderal Andika sebagai Panglima TNI semuanya mewakili matra TNI.

Sementara itu Surat Presiden ihwal pengganti Panglima TNI rencananya akan dikirim Istana pada Senin, 28 November 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: BERBAGAI SUMBER

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X