TMII Tetap Jadi Destinasi Wisata Rakyat, Tarif Masuk Rp25 Ribu dan Makan Siang Boleh Gelar Tikar

- Sabtu, 26 November 2022 | 12:30 WIB
Pintu masuk TMII (twitter.com/@tmii_official)
Pintu masuk TMII (twitter.com/@tmii_official)

HARIANHALUAN.COM - Taman Mini Indonesia Indah disingkat TMII menjadi sebuah destinasi yang merakyat di Jakarta sejak tahun 1975.

Namun sejak tahun 1975 TMII belum pernah dilakukan renovasi secara besar-besaran, hingga pada akhirnya pada awal tahun 2022, tepatnya bulan Januari, TMII direvitalisasi.

Dilansir HarianHaluan.com dari laman resmi Sekretariat Negara, revitalisasi TMII akan bertransformasi menjadi The Ultimate Showcase of Indonesia dengan mengusung konsep Indonesia Opera.

Baca Juga: Bikin Penasaran! Begini Wajah Baru TMII yang Renovasinya Habiskan Rp1,08 Triliun

Revitalisasi TMII sudah selesai dilakukan. Dan pada Minggu, 20 November 2022 TMII sudah kembali dibuka meskipun wisatawan pengunjung TMII dibatasi.

Dilansir HarianHaluan.com dari website resmi Taman Mini, harga tiket masuk TMII sebesar Rp25.000.

Para pejabat tinggi negara sudah mewanti-wanti terkait harga tiket masuk TMII setelah revitalisasi yang diusahakan terjangkau masyarakat luas.

“Saya pribadi ingin TMII tetap menjadi destinasi wisata rakyat. Masyarakat datang gelar kloso (tikar) makan siang, itu tetap harus ada seperti di tempat wisata Ragunan dan Ancol. Saya juga berharap tarif tidak naik,” ucap Basuki, Menteri PUPR, dilansir HarianHaluan.com dari Website resmi PUPR.

Revitalisasi TMII dibagi menjadi empat zona utama dengan tujuan untuk mengembalikan soul atau jiwa dari Taman Mini Indonesia Indah itu sendiri.

Empat zona utama TMII yaitu:

1. Zona klasik atau pada saat zaman kejayaan kerajaan-kerajaan Indonesia

2. Zona archipelago yang berisi arsitektur tradisional Nusantara

3. Zona Indonesia Modern yang berisi bangunan narasi keindonesiaan

4. Zona jendela dunia yang berkonsep botanical garden

Revitalisasi juga memperbaiki tiga joglo yang berada di TMII yaitu joglo Sasono Utomo, Sasono Langen Budoyo, dan Sasono Adiguno.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Jadwal Imsakiyah Ramadan Kota Padang 26 Maret 2023

Minggu, 26 Maret 2023 | 04:00 WIB
X