Mak Itam Tak Sendiri Lagi, Kota Sawahlunto Kini Punya Kereta Api Wisata Bermesin Diesel

- Minggu, 27 November 2022 | 16:30 WIB
Mak Itam Tak Sendiri Lagi, Kota Sawahlunto Kini Punya Kereta Api Wisata Bermesin Diesel (Kominfo Sawahlunto)
Mak Itam Tak Sendiri Lagi, Kota Sawahlunto Kini Punya Kereta Api Wisata Bermesin Diesel (Kominfo Sawahlunto)

HARIANHALUAN.COM - Kota Sawahlunto kedatangan Kereta Api Diesel dengan nomor seri BB 30379804 dari PT KAI, yang akan dimanfaatkan sebagai kereta wisata, Sabtu 26 November 2022.

Kedatangan Kereta diesel dengan nomor seri BB 3037804 dari PT KAI itu, disambut langsung oleh Wali Kota Sawahlunto Deri Asta di Stasiun Muaro Kalaban.

"Kereta api ini, akan dimanfaatkan sebagai kereta wisata di Sawahlunto yang akan berjalan dari stasiun Kampung Teleng Sawahlunto ke Stasiun Muaro Kalaban," ujar Wali Kota Sawahlunto Dery Asta, Minggu 27 November 2022.

Dengan adanya kereta diesel itu, Kata Dery Asta, akan mendampingi lokomotif uap E1060 'Mak Itam' yang selama ini beroperasi sendiri untuk pariwisata kita.

Baca Juga: Bogor Go Green 7 Paduan Lingkungan, Ekonomi dan Sosial

"Karena lokomotif Mak Itam dengan kondisi yang sudah tua maka tidak direkomendasikan untuk bisa beroperasi setiap hari. Maka, untuk kereta wisata yang bisa dijalankan setiap hari atau lebih dari dua kali seminggu itu kita minta dukungan dari PT. KAI agar ada tambahan kereta diesel," kata Deri Asta.

Atas kedatangan kereta api ini, Wali Kota Deri Asta menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas persetujuan PT KAI yang telah datangnya kereta diesel tersebut.

"Aktifnya kembali kereta api di Sawahlunto pasti memperkuat dan meningkatkan daya tarik pariwisata kota tua (heritage) ini. Terima kasih kepada PT. KAI, Dirjen Perkeretapian Kemenhub serta semua pihak lain yang terlibat mendukung hidupnya kembali perkeretapian di Sawahlunto," kata Wali Kota Deri.

Proyek reaktifasi perkeretapian di Sawahlunto adalah dukungan dari empat BUMN sesuai arahan Menteri BUMN Erick Tohir. Keempat BUMN itu adalah PTKAI, Semen Indonesia Group (SIG), PT. Pupuk Indonesia dan PT. Biofarma.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Brian Putra Bastara Angkat Bicara Perihal UMP Sumbar

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:22 WIB

IJP Bantu Bedah Rumah Warga di Marabau Pariaman 

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:28 WIB

Tahun 2022, Bank Nagari Bertabur Prestasi

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:55 WIB

Kota Pariaman Catatkan Nol Kasus LSD pada Ternak Sapi

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:55 WIB
X