Ingin Pelihara Kucing? Kenali 4 Bahaya yang Dapat Ditimbulkan Kucing

- Minggu, 27 November 2022 | 20:55 WIB
Ingin Pelihara Kucing? Kenali 4 Bahaya yang Dapat Ditimbulkan Kucing (Pexels/Valeriia Slobodeniuk-Sira)
Ingin Pelihara Kucing? Kenali 4 Bahaya yang Dapat Ditimbulkan Kucing (Pexels/Valeriia Slobodeniuk-Sira)

HARIANHALUAN.COM - Memelihara kucing memang menjadi pilihan banyak manusia. Namun, ternyata hewan lucu yang manja ini menyimpan sederet bahaya bagi kesehatan manusia.

Salah satu bagian berbahaya bagi kesehatan manusia adalah bulu kucing. Untuk itu, pemilik kucing yang memelihara hewan ini di dalam rumah perlu mengetahui penyakit yang dapat disebabkan oleh bulu kucing.

dr. Kevin Adrian dari alodoker.com telah meninjau berbagai macam penyakit pada manusia yang disebabkan oleh bulu kucing. Berikut penyakit yamg dapat disebabkan oleh bulu kucing.

Baca Juga: Jangan Sepelekan Bulu Kucing yang Rontok, Ini 6 Penyebabnya

1. Penyakit cakar kucing (cat scratch disease)

Penyakit ini adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Bartonella Henselae. Bakteri ini tidak hanya mampu berpindah kepada manusia melalui gigitan atau cakaran. Bahkan bakteri ini dapat berpindah melalui bulu kucing.

Saat mengelus bulu kucing yang terkontaminasi bakteri dan secara tidak sadar langsung menyeka mata, pemilik dapat berpotensi terkena penyakit ini.

Perlu diwaspadai, penyakit cakar kucing ini sangat berbahaya bagi sistem kekebalan tubuh, seperti HIV/AIDS atau pasien kanker yang sedang menjalani kemoterapi.

2. Kurap (ringworm)

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: aladokter.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X