BMKG Sebut Gempa M 4,6 yang Guncang Pangandaran pada Minggu Pagi Tidak Berpotensi Tsunami

- Senin, 28 November 2022 | 11:05 WIB
BMKG
BMKG

Jakarta, HarianHaluan.com – Diberitakan gempa bumi tektonik mengguncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Minggu (27/11/2022) pagi. Berdasarkan keterangan BMKG, gempa yang terjadi pada pukul 09.10 WIB tersebut kekuatan magnitudonya 4,6.

“Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4,6. Episenter terletak pada koordinat 8.2 LS dan 108.26 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 61 km BaratDaya Kab. Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 38 km,” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan tertulis, Sabtu (27/11/2022).

Dikutip dari rilis BMKG dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi Pangandaran Minggu pagi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng.

Baca Juga: Terungkap! Ormas yang Copot Label Gereja Bantuan Gempa Cianjur, Ternyata Bukan Pengungsi

Adapun dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Pangandaran dan Ciamis dengan skala intensitas II-III MMI.

Di mana, dalam skala tersebut getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut. Namun, BMKG diberitakan telah memastikan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Langsung Episentrum Gempa Cianjur

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata Hartanto.

Halaman:

Editor: Alfitra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengganti Background Zoom di HP, Mudah Banget!

Senin, 30 Januari 2023 | 21:30 WIB

Ini Menu Andalah RM Payakumbuah Milik Arief Muhammad

Senin, 30 Januari 2023 | 19:04 WIB
X