Wajib Tahu! Ini Aturan Kemensos Jika Ingin Adopsi Anak Korban Gempa Cianjur

- Senin, 28 November 2022 | 17:30 WIB
Imbauan Kemensos soal anak korban gempa di Cianjur (Instagram Kemensos RI)
Imbauan Kemensos soal anak korban gempa di Cianjur (Instagram Kemensos RI)

 

HARIANHALUAN.COM - Merespon upaya masyarakat yang mau bantu korban gempa di Cianjur, Kemensos RI terlebih dahulu memberikan imbauan melalui postingan di Instagramnya pada Senin, 28 November 2022.

Imbauan itu disebut berdasarkan berita yang sudah beredar. Diduga, ada beberapa orang yang berniat bantu korban gempa di Cianjur dengan mengadopsi anak yang sekiranya terpisah dari orang tua.

Ditakutkan dari pihak kementerian, jika masyarakat bertindak sendiri, identitas dari penyebar informasi atau anak korban gempa di Cianjur itu belum terdeteksi secara jelas.

Baca Juga: 5 Laptop Acer si Paling Multifungsi, Mahasiswa Wajib Punya

Kemensos RI dengan terang melarang tindakan atau upaya pemisahan anak dengan orang tua kandung, keluarga sedarah, maupun pengasuh utama tanpa prosedur yang jelas.

Setiap individu yang mau membantu dan ternyata menemukan anak korban gempa di Cianjur yang terpisah, diwajibkan segera melapor kepada Kemensos RI atau dinas sosial setempat.

Laporan bisa dilakukan dengan telepon ke 171, yaitu alamat command center Kemensos RI. Nomor lain yang bisa dicapai adalah 085794568999.

Nomor tersebut juga aktif Whatsapp dan dipegang atas nama, Bapak Dindin Amaludin, AKS, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Cianjur.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Instagram Kemensos RI, Instagram RSUD Sayang Cianjur

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cap Go Meh dan Awal Kisah Etnis Tionghoa di Padang

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:36 WIB

Elon Musk Kasih Bocoran Misi Starship ke Bulan

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:03 WIB
X