Catatan Kelam Gempa Zona Megathrust di Padang, Korban Bergelantungan di Pohon

- Senin, 28 November 2022 | 17:00 WIB
gempa tahun 1797 timbulkan tsunami di kota padang (freepik/macrovector)
gempa tahun 1797 timbulkan tsunami di kota padang (freepik/macrovector)

HARIANHALUAN.COM – Zona Megathurst menyimpan bahaya yang siap menghentak dunia disekitarnya dengan kekuatan gempa yang sangat tinggi dan diperkirakan banyak ahli bisa mencapai Magnitudo 9.

Mengenang kembali gempa hebat di Segmen Mentawai Megathrust yang terjadi tahun 1797 silam, kekuatan gempa mencapai Magnitudo 8,4 meluluhlantakkan permukiman penduduk.

Gempa di zona Megathrust yang terjadi sekitar pukul 22.00 WIB juga membawa tsunami jauh ke daratan.

Menurut data tsunami global, ada dua daerah yang teramati terkena dampak tsunami, yaitu Kota Padang yang jaraknya 184 km dari pusat gempa di zona Megathrust.

Kemudian, tsunami juga menerjang Pulau Pulau Batu, Kabupaten Nias Selatan (antara Siberut–Nias) yang berjarak 60 km dari sumber gempa di zona Megathrust.

Baca Juga: Menerka Datangnya Megatrust, Pakar Tsunami Bilang Begini Soal Gempa Cianjur

Mengerikannya lagi, di Padang tanda-tanda awal tsunami tampak dari air Sungai Batang Arau yang mengering sesaat setelah gempa di zona Megathrust.

Lantas, terjangan tsunami menghantam tak hanya terjadi satu kali, tapi sampai tiga kali yang menyebabkan Kota Padang terendam.

Laporan tersebut menyebutkan korban jiwa mencapai lebih dari 300 jiwa karena terjangan tsunami di permukiman Air Manis. Para korban bahkan ada yang ditemukan bergelantungan tersangkut di pohon.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cap Go Meh dan Awal Kisah Etnis Tionghoa di Padang

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:36 WIB

Elon Musk Kasih Bocoran Misi Starship ke Bulan

Minggu, 5 Februari 2023 | 19:03 WIB
X