Viral Video Kristenisasi di Cianjur, Ternyata Acara Reuni SMA di Karawang

- Senin, 28 November 2022 | 15:08 WIB
Video yang beredar diduga kristenisasi di Cianjur, ternyata hoaks/Instagram/@jabarsaberhoaks
Video yang beredar diduga kristenisasi di Cianjur, ternyata hoaks/Instagram/@jabarsaberhoaks

HARIANHALUAN.COM - Baru-baru ini beredar video di sosial media TikTok yang menampilkan potongan video dengan narasi "Kampung Palalangon Kristen 100%, kebaktian kaum hawanya memakai Jilbab".

Hal tersebut sempat menggegerkan masyarakat Indonesia.

Apalagi sebelumnya terdapat kasus perobekan label gereja pemberi bantuan di posko logistik bencana yang dilakukan oleh salah satu organisasi masyarakat.

Baca Juga: Viral! Kisah Coco, Anjing yang Selamatkan Korban Gempa Cianjur

Benarkah hal tersebut?

Dikutip dari akun Instagram @jabarsaberhoaks, dari hasil penelusuran, isu ini merupakan isu lama yang digulirkan kembali.

Dalam keterangan postingan yang diunggah Senin siang, 28 November 2022, diketahui video tersebut pernah beredar pada tahun 2017 lalu.

“Faktanya mengutip dari postingan salah seorang alumni, video tersebut merupakan potongan video dari acara reuni akbar SMAN 1 Karawang (SMANSAKA) dan yang dinyanyikan adalah lagu hymne SMAN 1 Karawang,” jelas dia di keterangan postingan tersebut.

“Sementara latar belakangnya di salah satu tempat makan yang sedang mengadakan reuni akbar SMANSAKA,” lanjut keterangan akun yang dikelola oleh Pemkab Jabar ini.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Instagram @jabarsaberhoaks

Tags

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X