Kisah Rudy Kurniawan, Ponakan Eddy Tansil yang Jadi Buronan FBI

- Rabu, 30 November 2022 | 19:32 WIB
Kisah Rudy Kurniawan, Ponakan Eddy Tansil yang Jadi Buronan FBI (Okezone )
Kisah Rudy Kurniawan, Ponakan Eddy Tansil yang Jadi Buronan FBI (Okezone )

HARIANHALUAN.COM - Nama Rudy Kurniawan mulai dikenal publik, baik itu di Indonesia maupun di luar negeri karena aksinya yang memalsukan anggur dan menjualnya kepada warga Amerika.

Ia merupakan keponakan dari Eddy Tansil, tersangka pembobolan Bank Pembangunan Indonesia atau Bapindo sebanyak Rp1,3 triliun rupiah pada tahun 1993. Sang ibu merupakan anak dari Hary Tansil, sosok yang juga tercatat pernah berurusan dengan kasus perbankan di era Presiden Soekarno.

Berbeda dengan Eddy Tansil, sang keponakan melakukan aksi kejahatannya bukan di Indonesia, melainkan di Amerika. Dilansir dari Bloomberg, Rudy datang ke Amerika dengan visa pelajar pada tahun 1990-an.

Baca Juga: Inikah Alasan Eddy Tansil Sulit Ditemukan, Punya Uang Banyak Nekat Lakukan Operasi

Saat kasus hukum Eddy Tansil dan sang kakak mencuat, orang tua Rudy memilih untuk hijrah ke Amerika bersamanya.

Rudy sempat gagal mendapatkan suaka politik dan diharuskan untuk meninggalkan negara itu pada tahun 2003. Namun ternyata, pihak berwenang menemukan Rudy tetap tinggal secara ilegal di Los Angeles hingga akhirnya dia mulai berbisnis anggur pada tahun 2004.

Aksi curang Rudy mulai terungkap saat rumah lelang Christie di Los Angeles membatalkan lelangnya pada 2007. Mereka menilai, anggur magnum dari Chateau Le Pin tahun 1982 milik Rudy dinyatakan palsu oleh produsen aslinya.

Berdasarkan hasil penyelidikan, Rudy berhasil menjual anggur palsu senilai jutaan dolar kepada warga Amerika dalam kurun waktu kurang lebih satu dekade. Tak hanya itu, ia juga dituduh melakukan penipuan wine atau anggur dan penggelapan uang.

Rudy tercatat menggelapkan dana sebesar USD3 juta atau sekitar 46 miliar rupiah dengan kurs rupiah sekitar Rp 15.000 yang pada akhirnya diketahui dana tersebut ia gunakan untuk membiayai gaya hidup mewahnya. 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X