Gara-Gara Kasus Korupsi Eddy Tansil, Nama dan Track Record Gemilang Menteri JB Sumarlin Ikut Tercoreng

- Rabu, 30 November 2022 | 22:19 WIB
Kasus Eddy Tansil yang jadi buronan ikut mencoreng nama JB Sumarlin yang banyak prestasi  (Arsip Foto Perpustakaan Nasional RI )
Kasus Eddy Tansil yang jadi buronan ikut mencoreng nama JB Sumarlin yang banyak prestasi (Arsip Foto Perpustakaan Nasional RI )

HARIANHALUAN.COM - Label buronan segera menempel setelah kasus korupsi Eddy Tansil pecah menjelang akhir era Soeharto. Beberapa nama pejabat tinggi ikut terseret.

Salah satu yang paling sering muncul dalam kasus korupsi Eddy Tansil adalah nama Johannes Baptista (JB) Sumarlin yang menjabat Menteri Keuangan di zaman itu.

Keterlibatan Sumarlin dalam kasus korupsi Eddy Tansil belum sepenuhnya jelas dan mungkin tidak akan terkuak. Berbeda dengan si buronan yang tidak diketahui keberadaannya, Sumarlin telah meninggal dunia pada tahun 2020.

Baca Juga: Putus dari Dawn, Hyuna Tulis ini di Akun Instagram Pribadinya

Diduga terlibat dan disebut dekat dengan Eddy Tansil tidak membuat jasa JB Sumarlin lenyap begitu saja bersama dengan kaburnya si buronan ke antah berantah.

Dikutip harianhaluan.com dari inews.id, sebelum bekerja untuk lembaga pemerintah, Sumarlin lebih dahulu mengabdi untuk almamaternya dengan menjadi dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Ia pun dikukuhkan menjadi Guru Besar di fakultas itu pada tahun 1981 dan kariernya di birokrasi dimulai pada tahun selanjutnya.

Baca Juga: Comeback Cheshire, Itzy Sihir Para Penggemar Melalui Lagu dan Koreografi yang Apik

Ketika tahun 1987, saat itu Sumarlin yang menjabat sebagai Ketua Bappenas ditunjuk menjadi Menteri Keuangan ad interim. Ia pun meluncurkan Gebrakan Sumarlin I yang berhasil membuat ekonomi Indonesia tumbuh meski di tengah kesulitan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Harianhaluan.com, iNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X