Puluhan Wartawan dan Diskominfo Bukittinggi Anjangsana ke Diskominfo Medan

- Kamis, 1 Desember 2022 | 11:12 WIB
Puluhan wartawan dari Kota Bukittinggi saat anjangsana bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Medan
Puluhan wartawan dari Kota Bukittinggi saat anjangsana bersama Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Medan

HARIANHALUAN.COM - 58 orang wartawan yang bertugas di Kota Bukittinggi bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Bukittinggi lakukan anjangsana ke Diskominfo Kota Medan, Kamis 1 Desember 2022.

Kegiatan bertajuk Study Best Practice tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Diskominfo Bukittinggi, Erwin Umar dsn diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Medan, Arrahman Pane.

Dalam penyambutan rombongan, Kadiskominfo Medan menyampaikan, rombongan wartawan yang bertugas dan menjalankan kerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi masih belum terhitung banyak dengan wartawan yang bertugas di Kota Medan.

"Saat ini, Diskominfo Medan bekerjasama dengan kurang lebih 200 orang wartawan. Karena termasuk kota besar di Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: Terlibat Kasus Perdearan Sabu, Seorang Pria Diamankan Satreskrim Polres Bukittinggi

Ia menyampaikan, untuk menunjang kompetensi wartawan, Diskominfo Kota Medan juga turut andil dalam penyelenggaraan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di lingkungan Pemko Medan.

"Tahun ini Diskominfo menggelar UKW untuk 40 wartawan, 14 belum kompeten, 4 tidak hadir. Saat ini masih terdapat 25 wartawan yang belum UKW di Kota Medan," ucapnya.

Ia menjelaskan, dengan adanya sinergitas antar wartawan dan pemerintah kota, Diskominfo Medan akan mengupayakan untuk meningkatkan kompetensi wartawan yang bekerjasama dengan Pemko Medan.

"Kedepan akan dilaksanakan UKW, agar seluruh wartawan yang bekerjasama dengan Diskominfo Medan merupakan wartawan yang kompeten melalui UKW," kata Arrahman Pane.

Semantara itu, Kepala Dinaskominfo Kota Bukittinggi menyampaikan bahwa anjangsana yang dilakukan sebagai langkah transfer ilmu untuk meningkatkan kinerja wartawan dalam tugasnya sebagai pemberi informasi kepada masyarkat.

"Banyak yang dapat kita ambil dari Sumatra Utara ini, khususnya Kota Medan. Diantaranya sinkronisasi pemberitaan dan kerjasama media. Apa yang sudah baik di Medan, kita coba adaptasikan di Kota Bukittinggi," tuturnya.

Menurutnya, dengan adanya singkronisasi yang baik antara Kota Medan dengan wartawan dapat menciptakan nilai yang positif dalam hal memberikan pencerahan kepada masyarakat.

"Bagaimana Diskominfo Medan mampu memberikan pencerahan pada masyarakat melalui media. Meskipun banyak kritisi, namun disampaikan atau diberitakan dengan santun dan baik," ucapnya.

Mengenai sinergitas Pemko Bukittinggi dan wartawan, Erwin Umar mengatakan bahwa di Bukittinggi, Diskominfo telah melakukan launching program satu data. Hal itu guna percepatan informasi yang dapat dibagikan kepada masyarakat Kota Bukittinggi.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X