SBY dan Megawati Sudah 'Mesra' Kembali, Simak Fakta-fakta Hubungan Keduanya, Pernah Seteru Sampai Duduk Bareng

- Kamis, 1 Desember 2022 | 14:05 WIB
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarno Putri. (Istimewa)
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarno Putri. (Istimewa)

HARIANHALUAN.COM – Hubungan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Megawati Soekarno Putri sempat heboh dikabarkan renggang. Sudah menjadi rahasia publik mereka sempat berseteru politik soal sowan.

Sebagai informasi, sowan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, diartikan sebagai menghadap (kepada orang yang dianggap harus dihormati, seperti raja, guru, atasan, orang tua); berkunjung.

Jadi, perseteruan SBY dan Megawati persoalan jabatan pemerintahan pada masanya. Hubungan yang berjarak itu akhirnya menjalar kemana-kemana, hingga berbagai tokoh politik ikut terlibat.

Setelah 10 tahun sejak tahun 2004, dikabarkan SBY dan Megawati telah melupakan masalah lalu tersebut, hubungan mereka sudah pulih, bahkan bertemunya mereka di KTT G20 yang semeja bersama sebagai jajaran tokoh bangsa yang ikut menyukseskan kegiatan yang dihadiri puluhan negara tersebut, dapat menjadi salah satu bukti kedekatan mereka telah kembali.

Baca juga: Menguak 4 Gebrakan Taufiq Kiemas, Suami Megawati Soekarnoputri yang Pernah Masuk Bui

Lantas bagaimanakah ini bermula dan seperti apa pada akhirnya? Berikut 3 fakta hubungan antara SBY dan Megawati yang pernah santer dikabarkan meretak, sebagaimana dilansir Harianhaluan.com dari sejumah sumber pada Kamis, 1 Desember 2022.

1. Tahun 2004 kisah seteru SBY dan Megawati bermula

Pada periode 2001-2004, Megawati Soekarno Putri didapuk menjadi presiden ke 5 menggantikan Gus Dur. SBY yang saat itu dipecat sebagai Menteri pertambangan energi dari pemerintahan Gus Dur, ia kembali dipercaya menjadi Menteri oleh Megawati. Saat itu, SBY menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI (Menkopol Hukam).

Merasa telah diangkat kembali ke dalam dunia politik, SBY mengucapkan terima kasih kepada Megawati dan berkata, "Saya kawal Ibu sampai 2009."

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: YouTube

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X