Banyak Isu Intoleransi di Lokasi Gempa Cianjur, Habib Jafar: Gue Sepakat dengan Pendeta

- Kamis, 1 Desember 2022 | 14:05 WIB
Habib Jafar bahas isu intoleransi terkait gempa Cianjur (Istimewa)
Habib Jafar bahas isu intoleransi terkait gempa Cianjur (Istimewa)

HARIANHALUAN.COM - Akhir-akhir ini isu intoleransi menyeruak di lingkup bencana gempa Cianjur. Mulai dari pencopotan stiker pemberi bantuan kelompok tertentu, hingga tudingan adanya Kristenisasi.

Melihat lingkup gempa Cianjur menjadi ladang tumbuh suburnya sikap intoleran, membuat banyak pihak bersuara. Salah satunya yang turut berkomentar adalah pendakwah sekaligus konten kreator Habib Husein Jafar Al-Haddar.

Habib Jafar mengungkapkan, maraknya sikap intoleransi di masyarakat terjadi karena sikap merasa diri paling benar dan paling layak untuk berbuat kebaikan.

Baca Juga: Ketika Aset Negara Dijual Megawati, Trah Soekarno Buka Gerbang China Masuk Papua

Baca Juga: Tragedi Kudatuli, Megawati Kendalikan PDI dari Kebagusan Usai Digeruduk Geng Soerjadi

Ia menegaskan, sebaiknya masyarakat, terkhusus korban gempa Cianjur tidak mempermasalahkan dari mana dan dari siapa bantuan itu datang.

"Pertama, kita diajarkan Fastabiqul Khairat. Ayo berlomba-lomba dalam kebaikan. Kemudian dalam surat Al-Maidah Ayat 105 Allah katakan gini, kalau lu penuh dengan cahaya, kegelapan gak akan bisa ganggu lu. Kalo sudah beriman kesesatan tidak akan menggoyangkan lu," ujar Habib Ja'far di kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Kamis 1 Desember 2022.

Lebih lanjut dia juga menjelaskan, bahwa dalam mazhab manapun, menerima bantuan dari orang yang berbeda agama hukumnya boleh.

"Menerima bantuan dari non-muslim itu diperbolehkan, dan membantu non-muslim jelas dalam Al Quran surat al-mumtahanah ayat 8-9 boleh, bahkan kita harus jadi yang terdepan," jelasnya

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Youtube Deddy Corbuzier

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khofifah Klop Cawapres Anies, Ini Alasannya No Debat

Jumat, 3 Februari 2023 | 20:22 WIB
X