Ingkar Janji Megawati Akhiri 35 Tahun Vakum Trah Soekarno di Dunia Politik

- Kamis, 1 Desember 2022 | 14:22 WIB
Ingkar Janji Megawati Akhiri 35 Tahun Vakum Trah Soekarno di Dunia Politik  (pdiperjuangan.id)
Ingkar Janji Megawati Akhiri 35 Tahun Vakum Trah Soekarno di Dunia Politik (pdiperjuangan.id)

HARIANHALUAN.COM - Siapa yang tak kenal sosok Megawati Soekarno Putri, Presiden Republik Indonesia ke-5 yang kini juga menjabat sebagai Ketua Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan. Masuknya Megawati dalam dunia politik mengakhiri 35 vakum trah Soekarno di politik.

Megawati adalah putri sulung dari Presiden Republik Indonesia pertama yang juga proklamator, Ir. Soekarno dan Fatmawati. Meskipun dia lahir dari keluarga politisi jempolan tanah air, Mbak Mega, sapaan akrab dari para pendukungnya, bisa dibilang kurang piawai dalam dunia politik. 

Megawati tercatat baru memasuki dunia politik pada 1987. Bermula saat Megawati ditempatkan sebagai salah satu calon legislatif dari daerah pemilihan Jawa Tengah oleh Partai Demokrasi Indonesia atau PDI.

Baca Juga: Ternyata Film Yuni yang Diperankan Arawinda Pernah Menang Piala Citra

Awal kariernya ini pula merupakan tanda ia telah ingkar janji kesepakatan keluarganya untuk tidak lagi terjun ke dunia politik, setelah 35 tahun vakumnya keluarga Soekarno dari dunia politik Indonesia. Megawati saat itu tampil sebagai primadona dalam kampanye partai yang mengusungnya tersebut.

Meski tergolong sebagai sosok yang pendiam dan tak banyak bicara, nyatanya kehadiran Megawati berhasil mendongkrak suara untuk PDI. Ia terpilih menjadi anggota DPR/MPR dan pada tahun itu pula, dirinya terpilih sebagai Ketua DPC PDI Jakarta Pusat.

Meski begitu, wanita bernama lengkap Dyah Permata Megawati Soekarnoputri ini dengan sifat pendiamnya memilih untuk tidak terlalu menonjol dengan mempertimbangkan kondisi politik saat itu. Megawati lebih memilih melakukan lobi politik di luar gedung wakil rakyat tersebut. 

Baca Juga: SBY dan Megawati Sudah 'Mesra' Kembali, Simak Fakta-fakta Hubungan Keduanya, Pernah Seteru Sampai Duduk Bareng

Hal yang mengejutkan terjadi pada 1993, Megawati dipilih menjadi Ketua Umum DPP PDI. Tapi Kongres PDI di Medan dinilai berakhir tanpa menghasilkan keputusan apa-apa. 

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: Perpusnas.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Cawapres 2024, AHY Pasrah: Itu Haknya Mas Anies

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:17 WIB

Hasto Bongkar Deal-dealan PBB Merapat ke PDIP

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:00 WIB
X