Kota Kelahiran Megawati, Trah Soekarno Ternyata Daerah Istimewa di Indonesia

- Kamis, 1 Desember 2022 | 17:15 WIB
Megawati lahir pada 23 Januari 1947 di kampung Ledok Ratmakan, tepi barat Kali Code, Daerah Istimewa Yogyakarta (perpusnas.go.id)
Megawati lahir pada 23 Januari 1947 di kampung Ledok Ratmakan, tepi barat Kali Code, Daerah Istimewa Yogyakarta (perpusnas.go.id)

HARIANHALUAN.COM – Dalam percaturan politik Indonesia, Megawati Soekarnoputri memiliki peran yang tak bisa di pandang sebelah mata.

Megawati sebagai salah satu pewaris trah Soekarno saat ini memimpin partai terbesar di Indonesia dan berhasil memenangkan pemilihan umum (pemilu) legislatif pada tahun 1999, 2014, dan 2019.

Artinya di tangan dinginnya, Megawati yang merupakan anak kedua Soekarno dari pernikahan ketiganya dengan Fatmawati telah membawa Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi jawara di tiga pemilu legislatif berturut-turut pada era reformasi.

Bahkan, trah Soekarno yang paling bersinar di dunia politik ini menjadi Presiden wanita pertama Indonesia. Megawati dilantik menjadi presiden pada 23 Juli 2001.

Baca Juga: Ketakutan Soeharto pada Megawati, Oposisi dari Trah Soekarno dan Lenyapnya Para Dalang Belakang Layar

Masa jabatan Megawati sebagai presiden hanya seumur jagung, yakni sampai 20 Oktober 2004 karena dia melanjutkan posisi Gus Dur yang dilengserkan pada Sidang Istimewa MPR pada tahun 2001.

Ibu tiga orang anak yang memiliki nama lengkap Dyah Permata Megawati Soekarnoputri ini lahir pada 23 Januari 1947 di kampung Ledok Ratmakan, tepi barat Kali Code, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kampung Ledok Ratmakan memiliki luas yang sempit dengan kepadatan penduduk yang tinggi. Kampung tersebut berada di sekitar central business districk (CBD), yaitu kawasan Malioboro.

Baca Juga: Tegas! MUI Tolak Utusan Amerika yang Perjuangkan LGBT

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: Perpusnas.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Cawapres 2024, AHY Pasrah: Itu Haknya Mas Anies

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:17 WIB

Hasto Bongkar Deal-dealan PBB Merapat ke PDIP

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:00 WIB
X