Fix Rumah Rusak Berat Terdampak Gempa Cianjur Nasibnya Begini, Warga Diminta Sukarela Setuju

- Kamis, 1 Desember 2022 | 17:29 WIB
Rumah Rusak Berat Terdampak Gempa Cianjur Nasibnya Begini, Warga Diminta Sukarela Setuju ( ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Rumah Rusak Berat Terdampak Gempa Cianjur Nasibnya Begini, Warga Diminta Sukarela Setuju ( ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

HARIANHALUAN.COM - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR memastikan rumah rusak parah akibat gempa Cianjur, Jawa Barat akan direlokasi dari wilayah bahaya sesar gempa.

Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja mengatakan pemerintah akan merelokasi rumah rusak parah imbas dari gempa Cianjur.

"Kalau untuk rumah yang akan kami tangani adalah rumah-rumah korban gempa Cianjur yang akan direlokasi," ujar Endra di Jakarta, Kamis 1 Desember 2022.

Baca Juga: Dirjen PPKL–KLHK Sigit Reliantoro: Proyek SMPEI Berhasil Ubah Pola Pikir Masyarakat tentang Lahan Gambut

Ia mengungkapkan untuk rumah yang rusak ringan dan sedang tidak akan direlokasi karena telah menjadi tanggung jawab Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Sedangkan rumah yang mengalami rusak ringan atau sedang tidak direlokasi dan menjadi tanggung jawab BNPB," tuturnya.

Selain itu, Endra mengatakan relokasi dilakukan karena rumah-rumah warga yang terdampak gempa berada di lokasi yang menjadi titik bahaya sesar gempa, sehingga akan berpotensi terjadi lagi gempa dengan dampak yang lebih besar.

Baca Juga: Ketakutan Soeharto pada Megawati, Oposisi dari Trah Soekarno dan Lenyapnya Para Dalang Belakang Layar

"Kita sudah tahu dengan gempa berkekuatan magnitude 5,6 saja dampaknya sudah begitu besar, apalagi nanti jika terjadi gempa dengan magnitudo lebih besar. Tentunya hal itu tidak kita inginkan," kata Endra.

Halaman:

Editor: Amal Nur Ngazis

Sumber: ANTARA, Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Soal Cawapres 2024, AHY Pasrah: Itu Haknya Mas Anies

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:17 WIB

Hasto Bongkar Deal-dealan PBB Merapat ke PDIP

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:00 WIB
X