Megawati Soekarnoputri dan 'Segudang' Gelar Kehormatan Akademik dari Luar dan Dalam Negeri

- Jumat, 2 Desember 2022 | 14:04 WIB
Megawati Soekarnoputri dan 'Segudang' Gelar Kehormatan Akademik dari Luar dan Dalam Negeri (Instagram Presiden Megawati )
Megawati Soekarnoputri dan 'Segudang' Gelar Kehormatan Akademik dari Luar dan Dalam Negeri (Instagram Presiden Megawati )

HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri diketahui memiliki banyak gelar kehormatan akademik dari luar negeri dan dalam negeri.

Wanita kelahiran Yogyakarta, 23 Januari 1947 itu pernah menempuh pendidikan di Universitas Padjajaran, Fakultas Pertanian pada tahun 1965 dan Fakultas Psikologi di Universitas Indonesia. Namun dari kedua universitas itu tidak ada yang diselesaikan oleh Megawati.

Akan tetapi, selama masa sepanjang karir Megawati terjun di dunia politik, ia mendapat beberapa gelar yakni Doktor Honoris Causa (H.C) dari beberapa institusi pendidikan. 

Baca Juga: Analisa Pengamat dan Jejak 'Trah Soekarno', Selain Puan! Kenali Konseptor Pidato Megawati, Prananda Prabowo 

Honoris Causa adalah sebuah gelar kehormatan yang diberikan oleh suatu Perguruan Tinggi kepada seseorang, yang dianggap telah berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia.

Dilansir harianhaluan.com dari suara.com, berikut adalah deretan gelar yang dimiliki oleh Megawati Soekarnoputri

1. Doktor Honoris Causa dari Waseda University, Jepang.

Gelar ini diberikan pada Megawati pada tahun 2001. Pada masa itu Megawati baru saja resmi dilantik menjadi Presiden Indonesia kelima. 

2. Doktor Honoris Causa dari IPDN, UNP, dan UNPAD 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Suara.com, Setkab RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penjelasan Ketua MPR Terkait Penundaan Pemilu 2024

Senin, 6 Februari 2023 | 11:14 WIB
X