Sepak Terjang Karir Poltik Megawati hingga Menjadi Presiden RI ke 5

- Jumat, 2 Desember 2022 | 16:55 WIB
Sepak Terjang Karir Politik Megawati (Instagram Megawati Soekarnoputri )
Sepak Terjang Karir Politik Megawati (Instagram Megawati Soekarnoputri )

HARIANHALUAN.COM – Sepak terjang karir Megawati Soekarno Putri ke kancah politik hingga bisa menjabat sebagai ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Presiden RI ke 5 bukanlah hal yang mudah.

Dilansir dari kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id, Megawati Soekarnoputri lahir di Yogyakarta pada 23 Januari 1947. Dia merupakan putri sulung dari Presiden RI pertama sekaligus proklamator kemerdekaan Indonesia yakni, Ir. Soekarno.

Megawati merupakan satu-satunya perempuan yang berhasil menjadi presiden di Republik Indonesia ini.

Sebelum diangkat sebagai Presiden RI ke 5, Mega sempat menjabat sebagai Wakil Presiden RI yang ke-8 dibawah pemerintahan Abdurrahman Wahid.

Baca Juga: Kegep! Begini Modus Oknum Paspampres Genjot Prajurit Wanita di Hotel Bali, Nih Endingnya

Mantan Presiden RI ke-5 itu baru memasuki dunia politik pada tahun 1987. Yang mana kala itu Partai Demokrasi Indonesia (PDI) menempatkan putri sulung dari Ir. Soekarno ini sebagai calon legislatif dari daerah pemilihan Jawa Tengah guna mendongkrak suara PDI.

Meskipun perempuan kelahiran Yogyakarta tersebut terlahir dari seorang politisi handal, dimasa awal memasuki dunia politik, dia dianggap masih belum piawai.

Bahkan kala itu, dia dipandang sebelah mata baik oleh kawan ataupun lawan politiknya.

Namun, pandangan sebelah mata orang-orang itu dilawan oleh Mega. Hingga pasca dia tampil dalam kampanye PDI, putri sulung Presiden RI pertama itu pun berhasil mendongkrak suara PDI menjadi naik.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: kepustakaan-presiden.perpusnas.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

AHY Mulai Sindir PKS dan Nasdem: Bukan Kawin Paksa!

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:44 WIB
X