Membangun Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Imunisasi Dasar Lengkap

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:12 WIB
Adio Sangiro
Adio Sangiro

 

 

Adio Sangiro - Wakil Ketua Bidang Kesehatan

DPW NasDem Sumbar

 

Imunisasi dasar lengkap adalah stimulasi yang diberikan untuk merangsang kekebalan tubuh anak agar bekerja secara optimal. Pemberian imunisasi dasar lengkap dilakukan sebelum usia 1 tahun oleh petugas kesehatan di posyandu atau puskesmas. Pemerintah memberikan akses layanan gratis kepada masyarakat untuk melakukan imunisasi pada bayi baru lahir sampai lengkap sesuai ketentuannya.

Semua puskesmas pada tingkat kecamatan melayani pemberian imunisasi, di setiap desa penggalakan posyandu rutin digelar. Edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya imunisasi pada anak terus dilakukan melalui corong-corong informasi terdekat dengan masyarakat mulai dari bidan desa, dokter dan petugas puskesmas serta kader posyandu yang turut serta menjadi pionir meratanya pemberian imunisasi kepada bayi baru lahir.

Imunisasi dalam Fakta dan Persepsi

Juni 2016 lalu di sebuah perumahan elit Kota Bekasi, sepasang suami istri ditangkap atas dugaan vaksin imunisasi palsu. Peristiwa tersebut adalah rentetan panjang yang bermula dari meninggalnya seorang bayi setelah menerima pemberian imunisasi. Penelusuran pihak berwajib akhirnya mengendus beredarnya vaksin palsu di tengah masyarakat. Peristiwa tersebut menyita banyak perhatian masyarakat, terlebih ada 5 dokter yang turut menjadi tersangka.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Artikel Bebas

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Brian Putra Bastara Angkat Bicara Perihal UMP Sumbar

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:22 WIB

IJP Bantu Bedah Rumah Warga di Marabau Pariaman 

Kamis, 26 Januari 2023 | 19:28 WIB

Tahun 2022, Bank Nagari Bertabur Prestasi

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:55 WIB

Kota Pariaman Catatkan Nol Kasus LSD pada Ternak Sapi

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:55 WIB
X