Rocky Gerung Buka 'Rahasia', Anies Tak Bakal Dilirik Nasdem, jika...

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 18:15 WIB
Anies Baswedan (IST)
Anies Baswedan (IST)

HARIANHALUAN.COM – Rocky Gerung, intelektual publik Indonesia menyoroti salah satu hal yang sering terjadi ketika pemilihan umum berlangsung. Kemudian, sistem kaderisasi pun menjadi salah satu poin penting yang ia sampaikan di dalam kanal YouTube pribadinya.

Salah satu yang terbaru dari fenomena sistem kaderisasi partai itu pun muncul lagi sekarang ini, misalnya, kemunculannya fenomena Anies ini menjadi salah satu politik pragmatis itu selalu terjadi dan semacam itulah yang disoroti Rocky Gerung ini.

Rocky Gerung semakin menerangkan lagi bahwa fenomena Anies ini adalah menunjukkan bahwa partai-partai enggak punya kader atau gagal kaderisasi.

Baca Juga: Sorak Sorai Anies Presidenku Menggema Sambut Kedatangan Anies Baswedan di Ranah Minang

"Anies jelas bukan datang dari partai politik, dia akademis, tuh," kata Rocky Gerung dalam kanal YouTube Rocky Gerung Official.

"Lalu, karena kemampuan teknokratiknya diundang masuk kabinet. Lalu, di dalam kabinet ternyata muncul semacam kefiguran, ketokohan maka Anies menjadi manusia politik," tambahnya.

Rocky juga menjelaskan bahwa Anies itu tadinya manusia akademis saja yang menganggap politik itu, bukan wilayah untuk mengeksplisitkan meteologi dalam kampusnya itu tentang konsep-konsep, narasi, dan teori.

Namun, demikian ketika peristiwa politik yang tidak ada kader partai politik maka Anies pun dilirik.

"Bayangkan kalau Nasdem ada kader, ya, Anies tak akan dilirik," kata Rocky.

Jadi, ia pun menyampaikan lagi bahwa partai-partai ini ditawan oleh ketiadaan kader. Oleh karena itu, demokrasi ini tumbuh, tapi tak ada kader partai politik.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: YouTube

Tags

Terkini

AHY Mulai Sindir PKS dan Nasdem: Bukan Kawin Paksa!

Kamis, 26 Januari 2023 | 17:44 WIB
X