6 Mitos Gunung Semeru, Nomor 4 Bikin Ngeri

- Minggu, 4 Desember 2022 | 15:06 WIB
Erupsi Gunung Semeru.
Erupsi Gunung Semeru.



HARIANHALUAN.COM - Gunung Semeru atau masyarakat mengenalnya sebagai Mahameru, merupakan gunung berapi yang identik dengan mitos rakyat Jawa.

Gunung Semeru mempunyai ketinggian 3.676 mdpl, dan dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa.

Gunung Semeru ditasbihkan sebagai salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Tempat ini tidak pernah sepi dari perbincangan masyarakat, mulai dari keindahannya hingga mitos yang menyelimutinya.

Baca Juga: Status Gunung Semeru Jadi Awas, Jepang Beri Peringatan Tsunami

Maka dari itu, berikut adalah sejumlah mitos Gunung Semeru yang populer di masyarakat, Sebagaimana dirangkum Harian Haluan dari berbagai sumber :

1. Mitos Penunnggu Ranu Kumbolo

Salah satu misteri Gunung Semeru yang paling populer adalah kisah penghuni Ranu Kumbolo. Misteri danau yang berada di ketinggian 2.389 mdpl.

Konon masyarakat setempat percaya keberadaan dewi dengan pakaian kebaya kuning di danau tersebut.

Para pengunjung dilarang mendirikan tenda dengan jarak 10 meter dari bibir danau. Bahkan pendaki jika dilarang mandi dan mencuci.

Di danau tersebut pengunjung juga dilarang menangkap ikan, apa pun jenisnya. Mitosnya, dewi kebaya kuning suka menjelma menjadi ikan emas besar yang bertugas menjaga wilayah tersebut.

Baca Juga: Gunung Semeru Erupsi, Ini Penyebab Statusnya Jadi Awas

2. Dibawa Dewa Brahma dan Dewa Wisnu

Menurut kitab Tantu Panggelaran, mitosnya Gunung Semeru merupakan puncak Gunung Meru di India yang dibawa oleh Dewa Brahma dan Dewa Wisnu ke Tanah Jawa untuk dijadikan pasak bumi.

Menurut kitab tersebut, sebelum Gunung Semeru ditancapkan, Pulau Jawa masih terombang-ambing di lautan lantaran belum ada penekannya.

Halaman:

Editor: Hudori Ahmad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X