Mengenal Guntur Soekarnoputra, Si Sulung yang Memilih Tak Berpolitik dari Trah Soekarno

- Minggu, 4 Desember 2022 | 22:08 WIB
Mengenal Guntur Soekarnoputra, Si Sulung yang Memilih Tak Berpolitik dari Trah Soekarno (Instagram @puti_soekarno)
Mengenal Guntur Soekarnoputra, Si Sulung yang Memilih Tak Berpolitik dari Trah Soekarno (Instagram @puti_soekarno)

HARIANHALUAN.COM- Guntur Soekarnoputra merupakan anak dari Presiden pertama Indonesia Soekarno dari istrinya yang ketiga, Fatmawati.

Namun, anak sulung ini tidak memilih jalur politik seperti adiknya Megawati Soekarnoputri dan lebih memilih aktif di seni budaya.

Guntur lahir pada tahun 1944 dengan nama lengkap Muhammad Guntur Soekarno Putra. Para petinggi Jepang yang saat itu berteman baik dengan sang ayah, Ir. Soekarno, ikut menyambut dengan gembira kelahiran putra sulung Bung Karno dan Fatmawati ini.

Baca Juga: Lama Tidak Akur dengan Saudara Kandung! Rachmawati Ungkap Alasan Tak Sejalan dengan Megawati

Bahkan, Jenderal Yamamoto memberikan nama khusus bagi Guntur, yaitu Osamu yang memiliki arti disiplin, logis, dan pemimpin.

Guntur merupakan kakak tertua dari Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Sang ayah dan sang ibu, memiliki panggilan tersendiri untuk putra sulungnya ini. “Tok” menjadi panggilan Guntur dari sang ayah dan “Bujang” adalah panggilan khas dari sang ibu.

Baca Juga: Fakta Sejarah Kekuasaan Soeharto di Indonesia, Bermula dari Perintah Soekarno Melalui Supersemar 

Lahir dari keluarga yang berkecimpung di dunia politik, tak membuat Guntur tergiur untuk mendalami dunia tersebut. Guntur lebih memilih untuk aktif di dunia budaya khususnya seni musik.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X