Mengenal Dewan Kolonel, Misi Khusus Elit PDIP untuk Trah Soekarno

- Senin, 5 Desember 2022 | 07:30 WIB
Mantan Presiden Megawati berbagi kisah lucu saat Rakernas II PDIP (Tayangan Ulang Livestreaming Rakernas II PDIP )
Mantan Presiden Megawati berbagi kisah lucu saat Rakernas II PDIP (Tayangan Ulang Livestreaming Rakernas II PDIP )

HARIANHALUAN.COM - Jelang Pilpres 2024, sejumlah elit politik PDIP sempat membentuk pasukan kecil yang disebut Dewan Kolonel. Langkah ini dinilai untuk mengawal trah Soekarno sebagai calon presiden. 

Sebagaimana diketahui, di PDIP muncul dua kandidat yang memiliki basis pendukung kuat untuk maju dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang, mereka adalah Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Persaingan kedua nama tersebut ternyata semakin meruncing dengan adanya Dewan Kolonel yang menjadi barisan garis keras pendukung Puan Maharani, selaku trah Soekarno.

Baca Juga: Waspada! Peringatan Dini BMKG Terkait Cuaca di Sumbar, Jakarta dan Jabar Hari Ini

Selain itu, muncul opini liar yang menganggap bahwa PDIP saat ini merupakan parpol keluarga. Hal itu dibuktikan dengan munculnya Dewan Kolonel yang mendukung Puan Maharani.

Sebagian pihak menilai, munculnya dukungan kepada Puan Maharani di kalangan elit PDIP menunjukkan adanya upaya menjaga garis keluarga, atau trah Soekarno di kontestasi politik dalam tubuh partai berlambang banteng tersebut.

Sementara itu, kubu Ganjar pun tak tinggal diam. Sejumlah pendukung garis keras pria berambut putih itu lantas membentuk Dewan Kopral.

Nah seperti apa peta serta kekuatan dua kubu internal ini? Simak ulasannya sampai habis ya. 

Dewan Kolonel

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Sumber: pdiperjuangan.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X