Gempa Megathrust Diprediksi Sampai Jakarta, Ini Penjelasan Pakar Geodesi ITB

- Senin, 5 Desember 2022 | 09:12 WIB
Ilustrasi gempa bumi landa Garut dan Cilacap  (Unsplash by Shefali Lincoln )
Ilustrasi gempa bumi landa Garut dan Cilacap (Unsplash by Shefali Lincoln )

HARIANHALUAN.COM - Gempa besar dengan berkekuatan Magnitudo 9 atau dikenal dengan Megathrust diprediksikan bisa sampai ke Jakarta sejauh 1 meter dari Selatan Jawa.

Hal itu didasarkan pada pemodelan yang disebutkan oleh pakar Geodesi Institut Teknologi Bandung (ITB), Heri Andreas.

Menurutnya, apabila timbul gempa Megathrust yang memiliki kekuatan sekitar 8,7 atau 9 skala richter di Selatan Jawa, maka akan terjadi tsunami hingga mencapai 20 meter ke pesisir Pelabuhan Ratu sampai ke pesisir Ujung Kulon.

Baca Juga: 5 Cara Evakuasi Diri Saat Terjadi Gempa Bumi

Kata dia, Tsunami tersebut juga diprediksikan bisa merambat ke Merak, Anyer dan terus menjalar hingga ke Jakarta sampai sekitar 1 meter. Adanya Selat Sunda juga menjadi faktor pemicu tsunami tersebut bisa sampa ke Jakarta.

"Saat ini berdasarkan data itu sebenarnya terangkat meskipun kan kita tidak merasakan ya," kata Heri, Senin 5 Desember 2022.

"Terjadi uplift ya, itu hanya pakai sensor dan kita lihat dan di situ ada uplift berarti ada energi, nah energinya bisa dihitung makanya keluar kira-kira 8,7 magnitudonya ya atau 9 gitu ya moment magnitude kita istilahkan,” tambahnya.

Baca Juga: Tasikmalaya Gempa, Tiga Kali Guncang dalam Enam Jam Minggu 4 Desember 2022, Kamu Terasa Nggak

Heri juga menyebut, bahwa tsunami akibat gempa megathrust ini tidak akan menyapu bersih pulau Jawa seperti yang ditakutkan masyarakat.

Halaman:

Editor: Hudori Ahmad

Tags

Artikel Terkait

Terkini

90 Ribu Sapi di Sumbar Sudah Divaksin PMK

Senin, 30 Januari 2023 | 06:38 WIB
X