Puluhan Warga Bukittinggi Dibekali Ilmu Pencegahan dan Mitigasi Bencana

- Senin, 5 Desember 2022 | 16:34 WIB
Puluhan Warga Bukittinggi Dibekali Ilmu Pencegahan dan Mitigasi Bencana (dok.BPBD Kota Bukittinggi )
Puluhan Warga Bukittinggi Dibekali Ilmu Pencegahan dan Mitigasi Bencana (dok.BPBD Kota Bukittinggi )

HARIANHALUAN.COM - Puluhan masyarakat di Kelurahan Belakang Balok dan Kelurahan Birugo Kota Bukittinggi mengikuti Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana di Hotel Pusako Bukittinggi pada Senin hingga Selasa, 5-6 Desember 2022.

Kalaksa BPBD Kota Bukittinggi, Ibentaro Samudera mengatakan, kegiatan tersebut terselenggara berkat bantuan dari salah satu anggota DPRD Kota Bukittinggi.

"Kegiatan ini dibantu Anggota DPRD Kota Bukittinggi, Syaiful Efendi. Dalam pelatihan, masyarakat dibekali ilmu pencegahan dan mitigasi bencana," ujarnya.

Baca Juga: Bobol Kamar Garin Masjid, Seorang Pria Diringkus Polresta Bukittinggi

Ibentaro menjelaskan, pelatihan itu diikuti sebanyak 70 orang masyarakat yang tergabung dalam KBLK (Ketahanan Bencana Lingkungan Kelurahan).

"Yang ikut pelatihan adalah personel dari masyarakat yang telah di SK-kan. Mereka adalah ujung tombak kalau terjadi bencana di masing-masing kelurahan," kata Kalaksa BPBD Kota Bukittinggi.

Dalam kegiatan itu, peserta juga mendapatkan materi berupa pengenalan peralatan dan praktek penanganan bencana yang dapat terjadi kapan saja di kelurahan tersebut. 

Baca Juga: Pemko Bukittinggi Tetapkan Masjid Tabligiyah Garegeh jadi Masjid Ramah Anak

Mengingat kelurahan Belakang Balok dan Kelurahan Birugo berada tepat di bibir Ngarai Sianok yang memiliki resiko tinggi bencana alam.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X