Soal UMKM Sumbar, Brian Putra Bastara: Dibutuhkan Data Rinci dan Dukungan Pemerintah

- Selasa, 6 Desember 2022 | 18:27 WIB
Ketua BPD Hipmi Sumbar, Brian Putra Bastara (IST)
Ketua BPD Hipmi Sumbar, Brian Putra Bastara (IST)

 

HARIANHALUAN.COM - Pertumbuhan produksi UMKM di Sumatera Barat begitu fluktuatif. Masyarakat sudah melek dengan dunia usaha, namun fluktuasi yang naik turun dengan pola yang sulit dibaca ini memperlihatkan tidak banyak masyarakat yang bisa menghadapi tantangan dunia usaha ini.

Terkait hal itu, Ketua BPD Hipmi Sumbar, Brian Putra Bastara mulai angkat bicara. Pengusaha muda asal Sumatera Barat tersebut mengatakan, saat ini produksi UMKM tidak begitu terpola dengan jelas.  

“Terlebih di masa pandemi beberapa waktu lalu. Terjadi ketidakjelasaan produksi dari UMKM,” sebut pria 30 tahun tersebut.

Dikatakan Brian, saat ini masyarakat Sumbar bisa dikatakan sudah sangat melek dengan dunia usaha. Namun untuk menghadapi tantangan di dunia usaha terlebih bagi pelaku UMKM, dibutuhkan sikap yang lebih adaptif menghadapi tantangan zaman.

Baca Juga: Selain Laptop, Ini Review Tablet Rp2 Jutaan dari Huawei vs Realme

“Sebenarnya masyarakat sudah melek akan dunia usaha. Namun yang dibutuhkan saat ini adalah motivasi untuk terus bergerak serta kemampuan untuk berjejaring dan membaca keadaan pasar jauh lebih penting. Ke depan, saya sangat berharap adanya pertukaran informasi diantara pengusaha serta melakukan gerakan bersama untuk tumbuh guna menghadapi tantangan zaman. Intinya kita harus adaptif,”  lanjutnya.

Disinggung soal peran pemerintah terkait pertumbuhan UMKM di Sumbar khususnya, Brian dengan tegas mengatakan bahwa yang menjadi pemegang kebijakan itu ada di pemerintah.

“Pemerintah punya kebijakan fiskal. Bentuk kebijakan ini kita harapkan bisa mendongkrak pertumbuhan produksi UMKM kita. Saya punya cita-cita Sumbar punya ekosistem produksi yang kuat dari dalam yang bisa di bawa ke luar,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Brian Putra Bastara Angkat Bicara Perihal UMP Sumbar

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:22 WIB
X