Polda Metro Jaya Kembali Berlakukan Tilang Manual, Ini Sasarannya

- Selasa, 6 Desember 2022 | 20:36 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Polda Metro Jaya kembali akan menerapkan penilangan pelanggaran lalu lintas secara manual setelah sebelumnya sempat dihilangkan dan diganti dengan tilang elektronik.

Keputusan itu diambil karena banyak pengendara memanipulasi nomor polisi (nopol) di kendaraannya akibat penerapan tilang elektronik dengan bantuan kamera electronic traffic law enforcement (ETLE).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan nantinya petugas yang berjaga akan menyasar berbagai pelanggaran. Dari tindakan memalsukan pelat nomor hingga knalpot.

"Tilang manual diberlakukan untuk yang memalsukan nomor polisi dan melepas nomor polisi serta balap liar dan knalpot brong," kata Latif, Selasa, 6 Desember 2022.

Baca Juga: Kapten Timnas Korea Selatan Mendapat Banyak Pujian Setelah Membela Timnya

Latif menyebut, nantinya teknis tilang manual sama seperti biasanya, yaitu personel di lapangan langsung menindak pelanggaran.

"Seperti biasa, dihentikan, kita tilang, mereka yang memalsukan pelat nomor," ujarnya.

Ia menambahkan, pencopotan pelat nomor masuk kategori pelanggaran berat yang berpotensi memicu terjadi tindak pidana kejahatan.

"Dengan adanya fenomena ini, tentunya kami akan harus tetap melakukan penertiban, penegakkan hukum tetap harus berjalan, karena masyarakat yang melakukan pelanggaran itu sangat membahayakan, pemalsuan itu bisa menjadi alat atau sarana untuk kejahatan," tuturnya. (*) 

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X