Kaesang–Erina Akan Gelar Akad Nikah di Pendopo Royal Ambarukmo, Intip Potret Sejarahnya

- Selasa, 6 Desember 2022 | 21:40 WIB
Potret Pendopo Royal Ambarukmo (IST)
Potret Pendopo Royal Ambarukmo (IST)

 

HARIANHALUAN.COM - Dua sejoli Kaesang Pangaep dan Erina Gudono akan melangsungkan pernikahan pada Sabtu, 10 Desember 2022 mendatang. Putra bungsu dari Presiden Joko Widodo tersebut memilih Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo sebagai tempat akad nikah.

Mengulik lebih dekat, Pendopo tersebut dibangun dari masa Sri Sultan Hamengkubuwono II, Sri Sultan Hamengkubuwono V, dan Sri Sultan Hamengkunuwono VII yang berbentuk joglo sinom yang menggunakan empat saka guru. Pendopo diapit langsung antara hotel Royal Ambarukmo dan Plaza Ambarrukmo.

Pendopo Agung Ambarukmo termasuk kedalam bangunan bersejarah dan cagar budaya di Yogyakarta. Serta menjadi salah satu bangunan utama dari kesatuan kompleks Pesanggrahan Kedhaton Ambarukmo yang mulanya dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono II dan disempurnakan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VII.

Baca Juga: 8 Poin Tanya Jawab Seputar Rekrutmen BUMN Batch 2, Apa Bedanya dengan Batch 1?

Saat Hamengkubuwono VII turun tahta hingga keluar dari keraton dan menempati Pesanggrahan Ambarrukmo. Mulanya Pendopo Ambarrukmo dibangun untuk menjamu tamu-tamu keraton. Seiring beralih fungsinya menjadi tempat tinggal, maka berubah pula dalam penyebutannya yang semula Pesanggrahan sebagai tempat singgah menjadi Kedhaton Ambarrukmo.

Dulu pendopo dikaitkan dengan status sosial, dimana hanya orang kaya atau pangeran saja yang memiliki pendopo.

Kini Pendopo Ambarrukmo sudah berfungsi sebagai cagar alam dan telah dilengkapi dengan gamelan laras slendro yang berada di Ndalem Ageng atau bagian inti rumah.

Hingga saat ini, keaslian arsitekturnya masih terjaga serta dialih fungsikan sebagai museum Ambarrukmo. Jika dilihat dari sisi kanan kiri terdapat kolam dengan air yang jernih sedangkan di tengahnya terdapat bangunan segi delapan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X