Pemprov Sumbar Siap Sukseskan Penas KTNA XVI, Begini Strateginya

- Rabu, 7 Desember 2022 | 06:34 WIB
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Penas Tani di Sumbar, di Auditorium Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Selasa, 6 Desember 2022.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Penas Tani di Sumbar, di Auditorium Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Selasa, 6 Desember 2022.

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar bersama pemerintah pusat dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang berbagi peran dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke-XVI, di Padang pada 10 hingga 15 Juni 2023.

Hal itu disampaikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penyelenggaraan Penas Tani di Sumbar, di Auditorium Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang, Selasa, 6 Desember 2022.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Gaungkan Semangat PENAS KTNA XVI 2023 Terbaik se-Indonesia

Lewat rakor yang digelar tersebut, Mahyeldi berharap bisa menghasilkan kesepakatan peran para pihak untuk menyukseskan penas petani nelayan XVI Tahun 2023.

"Kami yakin dengan kebersamaan peran kita untuk menyukseskan Penas, maka segala kendala dan tantangan yang dihadapi dapat dicarikan solusi untuk mampu meraih kesuksesan yang terbaik serta memperkuat kemandirian petani dan nelayan untuk menjawab tantangan kedepannya," ujarnya.

Baca Juga: Sambut Penas Tani, Tanam Perdana Varitas Anak Daro

Dengan mengusung tema Memantapkan Penguatan Potensi dan Posisi Tawar Komoditi Lokal untuk Mewujudkan Kemandirian Indonesia Pangan Lumbung Berkelanjutan Pangan Dunia Menuju 2045, Mahyeldi berharap Penas KTNA XVI dapat memberi motivasi kepada petani nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing.

"Khususnya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait perbaikan mutu produksi pertanian dan peningkatan pendapatannya, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga petani nelayan," harapnya.

Mahyeldi juga mengatakan, sebagai tuan rumah Penas Petani Nelayan XVI, Pemerintah Provinsi Sumbar beserta KTNA Sumbar siap menjadikan ajang Penas ini sebagai unjuk teknologi-teknologi pertanian yang menampilkan keberhasilan-keberhasilan pengembangan komoditi lokal dari petani dan nelayan seluruh Indonesia.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Brian Putra Bastara Angkat Bicara Perihal UMP Sumbar

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:22 WIB
X