800 Ton Benih Padi dan 310 Ton Bibit Jagung akan Disebar ke Petani Sumbar sampai Akhir Tahun 2022

- Rabu, 7 Desember 2022 | 06:52 WIB
Sekretaris Dinas, Ferdinal Asmin pada Selasa, 6 Desember 2022 di Auditorium Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang.
Sekretaris Dinas, Ferdinal Asmin pada Selasa, 6 Desember 2022 di Auditorium Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang.

HARIANHALUAN.COM - Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar akan menyebar atau memberi bantuan benih padi lebih kurang sebanyak 800 ton dan 310 ton benih jagung hingga akhir tahun 2022.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, diwakili Sekretaris Dinas, Ferdinal Asmin pada Selasa, 6 Desember 2022 di Auditorium Kompleks Gubernuran Sumbar, Jl. Sudirman, Padang.

Baca Juga: Kelompok Tani Dapat 300 Ton Benih Padi dan 100 Ton Bibit Jagung dari Gubernur Sumbar

Ferdinal menyebutkan, untuk benih padi dan jagung hampir 1925 kelompok petani yang ada di Sumbar yang akan mengembangkan varietas padi lokal oleh masyarakat atau petani.

"Seperti mengembangkan bibit padi bujang merantau, batang paman, banang pulau, IR 66, anak Daro, dan kuriak kusuik. Sedangkan untuk benih jagung yang akan menjadi tantangan kita bersama menyediakan benih P 32, P 21, NK 22 dan Betras 9, benih ini diproduksi dari luar," ujarnya.

Baca Juga: Solusi Konflik Tenurial, TNKS Wilayah II Sumbar Lokakarya 'Rembuk Anak Nagari' Kelompok Tani Hutan Konservasi

Ferdinal melaporkan kegiatan dilakukan merupakan bagian dari upaya mendukung visi dan misi serta program unggulan Pemerintah Provinsi Sumbar dalam rangka meningkatkan pendapatan petani.

"Salah satunya untuk meningkatkan hasil produksi dari para petani, baik produksi untuk tanaman pangan, holtikultura maupun perkebunan," katanya.

Terakhir Ferdinal mengucapkan terima kasih kepada semua pihak membantu dalam merumuskan kebijakan berkaitan dengan pembangunan pertanian, terutama pada kepala dinas pertanian kabupaten kota terus berkoordinasi dengan Pemprov Sumbar.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Brian Putra Bastara Angkat Bicara Perihal UMP Sumbar

Jumat, 27 Januari 2023 | 10:22 WIB
X