Waspada! Wilayah Selatan Jawa Diintai Gempa Megathrust dan Outer Rise

- Rabu, 7 Desember 2022 | 07:11 WIB
Pixabay.com/Tumisu
Pixabay.com/Tumisu

HARIANHALUAN.COM - Pada hari Selasa, 06 Desember 2022, pukul 13.07 WIB tepatnya di Jember diguncang gempa tektonik.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi atau patahan batuan di zona outer rise.

Baca Juga: Gempa Lombok Tidak Akan Memicu Gempa Megathurst Jawa dan Sumatera

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,0. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,70° LS ; 113,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 223 km arah Selatan Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 10 km.

Meskipun masyarakat tidak begitu familiar dengan gempa outer rise karena dari segi popularitas gempa yang terjadi di patahan megathrust lebih sering terjadi, namun faktanya masyarakat harus tetap mengenal apa itu gempa outer rise karena meskipun jarang terjadi tapi bukan tidak mungkin di kemudian hari akan terulang kembali siklusnya.

Baca Juga: Gempa Megathrust Diprediksi Sampai Jakarta, Ini Penjelasan Pakar Geodesi ITB

Dilansir harianhaluan.com dari website its.ac.id, penyebab gempa outer rise adanya tegangan tektonik yang bekerja pada sumber gempa outer rise tegangan ekstensional atau tarikan, gempa di zona outer rise ini memiliki mekanisme sumber sesar turun (normal fault).

Mekanisme sumber gempa outer rise bisa juga karena sesar geser (transform) seperti yang terjadi di Aceh pada tanggal 11 April 2012. 

Gempa kembar dengan kekuatan magnitudo 8,5 dan 8,1, diikuti tsunami kecil setinggi 1 meter di Nias, 80 cm di Meulaboh, dan 6 cm di Sabang.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X