Dapur Umum Dibangun Bantu Pengungsi Erupsi Semeru, Sediakan 600 Porsi per Hari

- Rabu, 7 Desember 2022 | 07:51 WIB
Dapur umum dibangun penuhi 600 porsi
Dapur umum dibangun penuhi 600 porsi

HARIANHALUAN.COM - Kebutuhan warga yang mengungsi akibat dampak erupsi Gunung Semeru, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang melalui BPBD atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah bersama tim gabungan membangun dapur umum.

Dibangunnya dapur umum terletak di sebuah titik di Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang di operasikan oleh BPBD Kabupaten Lumajang dan Palang Merah Indonesia (PMI).

Baca Juga: 5 Cerita Horor Pendaki Gunung Semeru yang Bertemu dengan Orang yang Sebulan Hilang hingga Wanita Berkebaya Kun

Dapur umum tersebut nantinya akan membantu warga dalam urusan makanan dan logistik yang didistribusikan dari dinas sosial dan instansi terkait. 

Dikutip Harian Haluan dari okezone.com, dalam satu hari, dapur umum tersebut dapat menyediakan makanan hingga 600 porsi.

"Jumlah tersebut akumulatif dari pagi, siang, dan malam. Banyaknya porsi yang dibuat kami sesuaikan dengan jumlah pengungsi yang ada," ujar Kustari, Petugas BPBD Kabupaten Lumajang pada Rabu, 7 Desember 2022.

Baca Juga: 5 Cerita Horor Pendaki Gunung Semeru yang Bertemu dengan Orang yang Sebulan Hilang hingga Wanita Berkebaya Kun

Bahan logistik yang dibutuhkan tidak hanya menerima dari dinas sosial saja. Dapur umum juga menerima logistik dari warga maupun relawan yang memberikan bantuan.

Akses jalan Desa Pronojiwo yang terputus dari Kabupaten Lumajang, dilakukan pengiriman melalui jalur yang berbeda. Yakni dengan memutar lebih dahulu melalui Kota Malang. 

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: Okezone.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X