Libur Akhir Tahun, Museum di Bukittinggi akan Terapkan Prokes Lagi?

- Rabu, 7 Desember 2022 | 20:45 WIB
Museum Rumah Adat Nan Baanjuang Bukittinggi
Museum Rumah Adat Nan Baanjuang Bukittinggi

HARIANHALUAN.COM - Menanggapi pencanangan kembali PPKM level 1 oleh Pemerintah Republik Indonesia, dua museum yang dikelola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi berencana kembali menerapkan protokol kesehatan pada libur akhir tahun 2022.

Dua museum yang saat ini dikelola oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi antara lain adalah Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta dan Museum Rumah Adat Nan Baanjuang.

Plt. Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi mengatakan, jika PPKM level 1 diberlakukan, pihaknya akan kembali menerapkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Maksimalkan Fasilitas Museum untuk Generasi Muda, Pemkab Agam Sosialisasikan Rumah Kelahiran Buya Hamka

"Kalau memang ditetapkan lagi, kita akan siapkan pangkah-langkah penerapan protokol kesehatan (prokes)," ujarnya kepada Harianhaluan.com, Rabu 7 November 2022.

Hal itu dilakukan mengingat dua museum yang dikelola instansi tersebut merupaka destinasi wisata keluarga pada libur akhir tahun mendatang.

Menurutnya, pemberlakuan protokol kesehatan tersebut merupakan upaya dari Pemerintah Kota Bukittinggi untuk melindungi masyarakat dari dampak penyebaran virus, salah satunya Covid-19.

"Kalau untuk kesehatan masyarakat, kita upayakan penerapan prokes. Mekanismenya seperti menjaga jarak, memakai masker dan menyiapkan tempat mencuci tangan," tuturnya.

Sementara itu, untuk instansi yang mengelola destinasi wisata juga berencana menerapkan hal serupa. Salah satunya Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Bukittinggi.

"Sebenarnya hingga saat ini protokol kesehatan masih jadi perhatian kita di objek-objek wisata, tetapi kenyataan di lapangan masih banyak pengunjung yang menghiraukan hal ini," ujarnya Hendri, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

X